Ini 10 Manfaat Minum Teh Bunga Telang, Bisa Tingkatkan Memori Otak dan Cegah Penuaan Dini

Ini 10 Manfaat Minum Teh Bunga Telang, Bisa Tingkatkan Memori Otak dan Cegah Penuaan Dini

Bunga Telang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan--

PALEMBANG, PALPOS.ID-Bunga telang dalam Bahasa Inggris disebut Butterfly Pea, karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu dengan nama latin Clitoria ternatea. 

Bunga ini diyakini berasal dari Amerika Selatan bagian tengah, yang menyebar ke daerah tropis sejak abad ke 19, terutama  ke Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Bunga telang diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak hanya bunganya, akar, daun dan bijinya juga bermanfaat. 

Manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh dan mental: 

1. Mengurangi  depresi 

Bunga telang bisa mengurangi depresi, stress, dan kesehatan mental. Bagian mahkota bunga mengandung flavonoid yang memiliki pengaruh untuk mengurangi depresi.

 

2. Perawatan kulit

 Antioksidan bisa mengelola stress pada sistem tubuh. Selain itu senyawa ini bisa menangkap radikal bebas. Sebagian besar peneliti menemukan bunga telang bisa mengurangi radikal bebas lebih banyak dibanding vitamin C. Ekstrak bunga telang bisa melindungi sel-sel kulit, mengurangi dampak sinar ultraviolet di kulit. Ekstrak bunga ini potensial untuk dikembangkan menjadi kosmetik yang bisa memperlambat penuaan kulit.

 

3. Anti bakteri

 Ekstrak daun dan akar telang dapat menghambat bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa penelitian menemukan ekstrak daun memiliki aktivitas antibakteri E. coli dan Vibrio cholera. Kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit disentri.

 

4. Obat cacing alami 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: