Ditarget 3 Ribu Persil PTSL, BPN Prabumulih Gunakan Drone

Ditarget 3 Ribu Persil PTSL, BPN Prabumulih Gunakan Drone

Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah BPN Kota Prabumulih, Posman Sitorus.Foto:Prabu/Palpos.Id--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Tahun 2023 ini, Badan Pertanahan Nasional Kota Prabumulih mendapat kuota alias ditarget 3000 bidang tanah (persil) terdaftar program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal itu diungkapkan, Kepala Kantor BPN Kota Prabumulih, Ahmad Syahabudin SH melalui Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Posman Sitorus, saat di wawancarai wartawan di ruang kerjanya.

Dijelaskan Posman, terdapat perbedaan dalam menyelesaikan program PTSL tahun ini dengan tahun 2022. Dimana mulai tahun ini pihaknya akam menggunakan pesawat drone dalam melakukan pemetakan tematik pertanahan dan ruang.

"Jadi ada Juknis (petunjuk teknis), kita harus siapkan peta kerja terlebih dahulu, dengan cara diambil gambar melalui udara menggunakan drone," ucapnya.

Setelah dilakukan pemetaan sambung Posman, maka dilanjutkan dengan penuntasan PTSL.

"Jadi tidak bisa seperti dulu misal dapat 3000 persil langsung dibagi di kelurahan dan desa ini tapi tahun ini harus ada peta kerja dulu dan ini juga di batas-batas tanah harus dipasang patok," bebernya.

Lebih lanjut Posman menuturkan, penggunaan pesawat drone dalam melakukan pemetaan diprediksi akan sedikit menyulitkan pihaknya terlebih saat melakukan pemetaan hutan dan kebun.

"Kalau untuk wilayah perkotaan atau bangunan mudah, tapi kalau untuk kebun tentu sulit karena tidak ada patok batas dan banyak pohon-pohon besar," tuturnya.

Kendati demikian, Posman mengaku optimis pihaknya dapat menuntaskan target yang diberikan hingga 100 persen.

"Kita akan bekerja seoptimal mungkin sehingga hasil yang didapat bisa maksimal dan target tercapai," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: