Pesona Bendungan Watervang Lubuk Linggau, Ini yang Jadi Magnit Pengunjung..

Pesona Bendungan Watervang Lubuk Linggau, Ini yang Jadi Magnit Pengunjung..

Bendungan watrevang salah satu objek wisata yang berada di lubuk linggau. Foto : Maryati--PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Watervang merupakan bendungan irigasi yang dibuat pada zaman pemerintahan Belanda 1941, dalam bahasa Belanda Watervang adalah tangkapan air.

Watervang dibangun oleh kolonial Belanda, untuk membagi debit air Sungai Kelingi ke beberapa saluran irigasi yang telah dibangun.

Tujuannya untuk mengatur pengairan ke area persawahan disepanjang Sungai Kelingi sampai ke daerah Tugumulyo dan Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas. 

Tadinya Watervang berada dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas atau Mura. Namun setelah adanya otonomi daerah, Watervang masuk dalam wilayah Kota Lubuklinggau.

BACA JUGA:Yuk Jalan-Jalan Keliling Palembang, Ada 9 Spot Wisata yang Hits. Nomor 3 Ada Pagodanya

Nama Watervang juga dijadikan nama Kelurahan yang masuk dalam Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Letaknya yang strategis hanya sekitar 5 km dari pusat kota menjadikan Watervang tak pernah sepi dari pengunjung. 

Hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja dari pusat kota ke lokasi Bendungan Watervang

Terlebih bendungan dan air terjun buatan kolonial Belanda itu, menjadi Magnit tersendiri bagi pengunjung. Sehingga bendungan dan air terjun Watervang ini menjadi salah satu objek wisata di Kota Lubuklinggau.

Selain karena mudah dijangkau baik oleh kendaraan  bermotor roda dua maupun roda empat,  suasana yang asri  disekitar bendungan itu juga menjadi Magnit tersendiri bagi pengunjung untuk mendatangi lokasi itu.

BACA JUGA:Ingin Wisata Alam Mandi Air Sungai Jernih, Wisata Air Muare Solusinya, Pasti Ketagihan, Ini Lokasinya...

Oo ya, untuk menghubungkan tepian Sungai atau ujung bendungan satu ke ujung bendungan lainnya, dibangun jembatan gantung yang lantainya terbuat dari papan. 

Jembatan gantung ini juga yang menjadi penghubung dan akses petani untuk lebih dekat ke kebun atau sawah mereka.

Keberadaan jembatan gantung ini, sekaligus penambah daya tarik bagi Bendungan Watervang.

Selain area bendungan dan air terjun, jembatan gantung juga menjadi pemandangan yang paling dominan dijadikan lokasi swafoto bagi pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: