Tekan Angka Kriminalitas, Ini Yang Dilakukan Polrestabes Palembang

Tekan Angka Kriminalitas, Ini Yang Dilakukan Polrestabes Palembang

Para PJU Polda Sumsel dan Polrestabes Palembang bersama Kapolsek Sukarami Palembang saat menghadiri gelar Jumat Curhat. Foto : Abdus Salam/palpos.Id ---

PALEMBANG, PALPOS.ID - Guna menekan angka kriminalitas dan menciptakan kamtibmas yang kondusif, Polda Sumsel kembali gelar Jumat Curhat yakni mendengarkan apa yang diadukan  masyarakat serta aspirasi tentang kondisi keamanan dan bagaimana mengatasinya.

Kegiatan ini diketahui dilaksanakan di Mapolsekta Sukarami Palembang tepatnya di ruang serba guna, Jumat (17/02).

Masalah kriminal saat ini menjadi perhatian Polri dan sebagai upayanya  digiatkan Jumat Curhat.

"Maka dari itulah setiap hari Jumat kami turun ke wilayah menampung aspirasi masyarakat.

BACA JUGA:Ingin Lulus Tes CPNS 2023, Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini, Gampang Kok!

Kemudian kami juga mendapatkan laporan, penyampaian hal-hal yang menjadi kekhawatiran masyarakat pertama masalah kejahatan.

Baik tawuran penyalahgunaan Narkoba balap liar ataupun gangguan Kamtibmas ” ungkap Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK melalui Kabid humas Kombes Pol Drs Supriadi MM, Jumat (17/02).

Menurut Supriadi, pada kegiatan jumat curhat tersebut banyak informasi yang digali seusai menggelar Jumat Curhat tersebut salah satunya.

BACA JUGA:Blokir Jalan SMKN 3 Kayuagung Dibuka, Warga Leluasa Lintasi Hutan Kota
"Terkait balapan liar tawuran peredaran narkoba gangguan kamtibmas ataupun kemacetan lalu lintas.

Semarak Politik menjelang Pemilu 2024 selain itu juga menjalin silahturrahmi antara polisi dengan masyarakat karena kita berasal dari masyarakat dan melayani masyarakat," tuturnya.

Dia menambahkan kegiatan ini sudah menjadi atensi pimpinan Kapolda Sumsel guna memberikan rasa aman dan ketenangan.

Dirinya mengajak masyarakat untuk memberitahukan Polisi apabila terjadi tindak kejahatan di tengah-tengah kehidupan masyarakat atau gangguan Kamtibmas di lingkungannya.

"Selain itu juga kegiatan ini sangat  relevansi guna mengedukasi masyarakat jangan mudah percaya berita Hoaxs (bohong).

Contoh issue berkembang saat ini masalah penculikan anak tolong laporkan kepada Polisi dan jangan main Hakim sendiri," imbau Supriadi.

Polri saat ini berupaya memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

"Untuk itu apabila ada gangguan Kamtibmas segera mungkin laporkan pada bantuan Polisi yang diinisiasi Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK.

Setelah menerima informasi dari masyarakat, pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan dari masyarakat," tegas Supriadi.

BACA JUGA:Perdaya Anak di Bawah Umur Dua Saudara Sepupu Ini Berurusan dengan Hukum
Supriadi menjelaskan upaya pihaknya saat ini diantaranya, melaksanakan patroli di sekitar lingkungan masyarakat serta mengaktifkan kembali Pos Siskamling.

Dengan bersinergi bersama mitra polri terkait diantaranya Babinkamtibmas dan juga Babinsa serta pihak kelurahan dan tokoh masyarakat. Guna memberikan rasa nyaman di lingkungan masyarakat.

"Setiap minggu kita anev dan petakan titik-titik mana yang perlu dipatroli.

Kemudian perlu penelitian lebih lanjut dan diarahkan oleh Polda atau Kapolres/Tabes Jajaran untuk menindaklanjuti laporan-laporan dari masyarakat,” sambung Supriadi seraya mengatakan pihaknya juga langsung membentuk tim dan satuan reserse mobile agar segera bergerak untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan.

Terakhir Supriadi mengajak masyarakat untuk melaporkan lewat Aplikasi Banpol Via Pesan Whatsapp 081370002110 apabila ada gangguan Kamtibmas.

"Laporan masyarakat ini juga akan segera ditindaklanjuti langsung oleh anggota kita guna memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan masyarakat," tutup Alumni Akpol 91 kepada Palpos.id.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: