4 Manfaat Serat Bagi Kesehatan, Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

4 Manfaat Serat Bagi Kesehatan, Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

4 Manfaat Serat Bagi Kesehatan, Untuk Menjaga Kesehatan Kulit.-Palpos.id-foto : taisho.co.id

KESEHATAN, PALPOS.ID - Serat ternyata menyimpan peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tak hanya membantu melancarkan pencernaan, serat juga diketahui memiliki dampak positif terhadap kesehatan kulit dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Membiasakan diri mengonsumsi makanan berserat tinggi menjadi langkah sederhana namun luar biasa untuk memulai perjalanan hidup sehat.

Serat yang dikenal sebagai bagian dari makanan nabati, yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

BACA JUGA:Cegah Kutu, Pilihlah Sampo Kucing yang Tepat untuk Kebersihan dan Kesehatan Bulu

BACA JUGA:Wajib Tahu ! Menggali Perbedaan Signifikan dalam Memasak Nasi: Magic Com vs Dandang dan Dampak Kesehatannya

Dua jenis serat utama, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air, bekerja sama untuk memberikan manfaat optimal. Selain itu, serat juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Manfaat serat bagi kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Makanan berserat tinggi, seperti apel dengan kulitnya, brokoli, dan pisang, dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat larut air membentuk gel yang melonggarkan kotoran, sementara serat tidak larut air menambah volume pada tinja, mempercepat perjalanan melalui usus.

2. Menjaga kesehatan kulit

Serat membantu membersihkan racun dari tubuh, yang juga mencerminkan kecantikan kulit. Kondisi kulit yang bersih dan sehat dapat diperoleh dari konsumsi rutin makanan berserat tinggi, seperti wortel dan buah pir.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Konsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat bekerja dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, menjaga keseimbangan kolesterol yang sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: