Iklan BANNER PEMUTIHAN PAJAK PEMPROV SUMSEL
Iklan Astra Motor

Ertiga Berlogo Toyota? Begini Strategi Baru Dua Raksasa Jepang di Dunia Otomotif

Ertiga Berlogo Toyota? Begini Strategi Baru Dua Raksasa Jepang di Dunia Otomotif

Ertiga Berlogo Toyota? Begini Strategi Baru Dua Raksasa Jepang di Dunia Otomotif. Foto: @facebook_Oto.com--

Saat ini, Toyota Indonesia telah sukses dengan Avanza dan Veloz, sementara Suzuki punya Ertiga Hybrid yang cukup diminati.

BACA JUGA:SUV 7-Seater Murah: Chery Tiggo 8 ICE Bikin Mitsubishi Destinator Waspada

BACA JUGA:Fitur, Mesin, dan Desain Ducati Panigale V4 R 2026: Superbike Siap Tempur di Sirkuit

Namun, melihat tren kerja sama global ini, tidak menutup kemungkinan Toyota versi Ertiga juga akan dipasarkan di Indonesia dengan nama berbeda.

Jika hal itu terjadi, bisa jadi Toyota akan menghadirkan varian ini sebagai MPV hybrid entry-level, untuk bersaing dengan Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, dan tentunya Suzuki Ertiga sendiri.

Rebadging sebagai Masa Depan Efisiensi

Dalam industri otomotif modern, konsep rebadging bukan hal baru.

BACA JUGA:Mengulik Bocoran Honda Vario 125 Street, Benarkah Segera Meluncur?

BACA JUGA:Yamaha XMAX 250 Tech MAX 2026 Resmi Meluncur: Skutik Premium Rp 75 Juta dengan Fitur Canggih

Di era tekanan biaya dan transisi menuju kendaraan listrik, kolaborasi semacam ini menjadi strategi paling rasional untuk tetap kompetitif.

Toyota dan Suzuki memahami bahwa skala ekonomi adalah segalanya. Dengan berbagi platform dan teknologi, mereka dapat:

Mengurangi biaya riset dan pengembangan.

Menyebarkan risiko bisnis di antara dua merek besar.

BACA JUGA:Review Suzuki Access 125 Indonesia: Skutik Retro Irit, Ringan, dan Penuh Fitur Modern

BACA JUGA:Yamaha XMAX 250 Tech MAX 2026 Resmi Meluncur: Skutik Premium Rp 75 Juta dengan Fitur Canggih

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber: