Iklan DISWAY AWARD
Iklan HUT KORPRI 2025
Iklan Astra Motor

Dorong Tata Kelola Pendidikan Unggul, Plt Kadisdikbud Prabumulih Instruksikan Disiplin dan Transparansi Layana

Dorong Tata Kelola Pendidikan Unggul, Plt Kadisdikbud Prabumulih Instruksikan Disiplin dan Transparansi Layana

Plt Kadisdikbud Prabumulih, A Darmadi SPd MSi-Foto:dokumen palpos-

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam menghadirkan layanan pendidikan yang unggul, modern, dan berdaya saing.

Peningkatan disiplin internal menurut Darmadi harus berjalan seiring dengan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Target Raih WTP ke 14 Kali Berturut-turut, Pemkot Prabumulih Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Bendahara

BACA JUGA:Pemkot Resmi Buka Lelang Terbuka 13 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pendaftaran Dimulai 2–16 Desember 2025

Sebab, sekolah sebagai ujung tombak pelayanan pendidikan memiliki peran penting dalam memastikan setiap kebutuhan peserta didik dan orang tua dapat dilayani secara cepat, ramah, dan akuntabel.

“Mutu layanan pendidikan harus terus ditingkatkan. Kita ingin semua proses menjadi lebih cepat, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ujar Darmadi.

Darmadi menegaskan bahwa masyarakat kini semakin kritis dan menuntut pelayanan terbaik dari instansi pemerintah, termasuk sektor pendidikan.

Oleh karena itu, setiap perbaikan tata kelola harus diikuti peningkatan kinerja layanan yang menyentuh langsung kebutuhan warga.

Darmadi juga menyoroti pentingnya optimalisasi layanan administrasi pendidikan, seperti pengurusan surat menyurat, penerimaan peserta didik baru (PPDB), data pokok pendidikan (Dapodik), hingga proses verifikasi berkas. Semua layanan ini menurutnya harus dilakukan secara tertib, tepat waktu, dan minim keluhan.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Disdikbud Prabumulih Pedro Santoso SPd MSi turut memberikan arahan kepada seluruh ASN pendidikan.

Ia menekankan bahwa pelayanan prima bukan hanya tugas pegawai front office, tetapi menjadi kewajiban seluruh pegawai, baik yang berada di dinas maupun di sekolah.

“Kita ingin masyarakat merasa terbantu dan dihargai saat berurusan dengan dinas pendidikan,” ujar Pedro.

Pedro mengimbau seluruh pegawai untuk selalu bersikap ramah, informatif, profesional, dan tidak mempersulit urusan masyarakat.

Menurutnya, sikap dan etika pelayanan menjadi penilaian penting bagi orang tua murid maupun warga yang datang ke sekolah atau dinas.

Ia menambahkan bahwa dalam era pelayanan publik modern, instansi pemerintah dituntut untuk terus berinovasi, memperbaiki alur layanan, serta memastikan tidak terjadi keterlambatan atau hambatan yang tidak perlu.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: