Jelang Keberangkatan, 59 CJH Mura Lakukan Tes PCR

Jelang Keberangkatan, 59 CJH Mura Lakukan Tes PCR

LUBUKLINGGAU,PALPOS.ID - Sebanyak 59 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melaksanakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit dr Sobirin, Selasa (28/6). Pelaksanaan PCR ini dilakukan sebagai salah satu syarat untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Dr Sobirin Kabupaten Mura, Sumiati, kepada awak media menjelaskan, bahwa pihak RS dr Sobirin hanya sebagai pelaksana untuk melakukan tes PCR kepada para CJH.  "Kami Rumah Sakit kan dimintai tolong oleh Dinas Kesehatan untuk melakukan tes PCR bagi rombongan jemaah haji dari Musi Rawas," katanya.

Pelaksanaan tes PCR sendiri dijadwalkan dua hari yakni 28-29 Juni mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai jam pelayanan. "Mereka (CJH) dikasih tahu ke rombongannya untuk kesini. Nanti mendaftar, kemudian diambil sampelnya di Labor, kemudian mereka boleh pulang," timpalnya.

Untuk hasil tes PCR tidak bisa langsung diketahui, hanya saja secepatnya/sebelum keberangkatan CJH hasil tes akan dikeluarkan. "Untuk hasil tes ini hanya berlaku tiga hari," ujarnya.

Terpisah, Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Mura, Asror, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya pelaksanaan tes PCR tersebut. Karena tes PCR itu wajib dilakukan CJH sebagai salah satu syarat untuk bisa masuk ke Arab Saudi. Meskipun CJH dari Mura semuanya sudah vaksin booster Covid-19. "Itu aturan dari pemerintah Arab Saudi, tes PCR harus negatif Covid-19," ujarnya.

Mengenai syarat penerbangan tidak wajib PCR bagi mereka yang sudah vaksin booster, dikatakan Asror, itu aturan dari Penerbangan. Berbeda dengan aturan dari Pemerintah Arab Saudi.

"Yang tidak wajib PCR itu aturan penerbangan, tetapi untuk masuk ke Arab Saudi pemerintah Arab mewajibkan hasil tes PCR negatif, jadi kalau positif tidak bisa masuk ke sana," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Lubuklinggau, Mahmudan mengatakan, bahwa pengambilan sampel untuk PCR CJH Lubuklinggau sudah dilakukan di Laboratorium Kesehatan (eks kantor Dinkes) di Jalan Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Barat, Minggu (26/6).

Seperti diketahui, CJH Musi Rawas tergabung dalam kloter tujuh bersama dengan CJH lain dari Lubuklinggau, Musi Rawas Utara, Palembang dan OI. Jadwal keberangkatan dari Musi Rawas menuju Embarkasi Palembang, Kamis (30/6). Sedangkan dari Embarkasi Palembang menuju Jedah dijadwalkan Jumat (1/7), sekitar pukul 14.45 WIB. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: