Wisudawan UIN Raden Fatah ke-81 Dituntut Terapkan Moderasi Beragama

Wisudawan UIN Raden Fatah ke-81 Dituntut Terapkan Moderasi Beragama

PALEMBANG, PALPOS.ID - Sebanyak 1.198 wisudawan dan wisudawati di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mengikuti pelaksanaan wisuda UIN Raden Fatah ke-81 yang bertempat di gedung Academic Center pada Rabu, 29 Juni 2022.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag.,M.Si menuntut wisudawan dan wisudawati lulusan UIN Raden Fatah Palembang harus memahami arti dari moderasi beragama di Indonesia.

"Saat ini kondisi masyarakat kita kurang mengerti tentang moderasi beragama sehingga kita harus bersikap eksklusif yaitu bagaimana cara kita mengamalkan ajaran agama dengan sebaik mungkin sesuai dengan pemahaman kita, karena saat ini kita tidak bisa memaksa orang lain untuk mempunyai perilaku beragama yang sama dengan kita," katanya saat memberi kata sambutan.

Lebih jauh, Prof Nyayu Khodijah menjabarkan mengenai pemahaman moderasi beragama itu sendiri. Ia menjelaskan bahwa lulusan UIN Raden Fatah Palembang diharapkan sudah memahami seperti apa moderasi beragama sebelum akhirnya membaur dengan kehidupan masyarakat.

"Harus punya pemahaman yang baik tentang moderasi beragama, setelah itu penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang baik itu seperti apa, bagaimana kita mengekspresikan agama kita ditengah komunitas majemuk serta kalau memungkinkan baiknya kita mengajak orang lain untuk juga menerapkan moderasi beragama," tambahnya.

Selain itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang tersebut juga menjelaskan bahwa dalam kehidupan beragama, wisudawan dan wisudawati lulusan UIN yang akan kembali ke masyarakat saat ini tidak boleh berperilaku inklusif.

"Tantangan kita saat ini adalah kita harus membumikan moderasi dalam beragama ditengah masyarakat yang kurang memahami kondisi ini. Meski tidak boleh memaksa orang lain untuk memiliki perilaku beragama yang sama dengan kita, namun seperti yang saya sampaikan diawal bahwa mengajak masyarakat atau orang lain untuk menerapkan moderasi beragama jauh lebih baik," tuturnya.

Sementara itu, sebanyak 1.198 mahasiswa UIN Raden Fatah yang diwisuda pada Rabu, 29 Juni 2022 mengikuti acara wisuda ke-81 dengan khidmat di gedung Academic Center.

Adapun 1.198 wisudawan dan wisudawati yang mengikuti acara wisuda tersebut diantaranya Fakultas Hukum dan Syariah sebanyak 125 orang, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan berjumlah 544 orang, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam berjumlah 76 orang, Fakultas Adab dan Humaniorah berjumlah 38 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi berjumlah 154 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berjumlah 133 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berjumlah 45 orang, Fakultas Sains dan Teknologi berjumlah 34 orang, Fakultas Psikologi berjumlah 442 orang serta Pascasarjana berjumlah 7 orang.

"Adapun mahasiswa berprestasi yakni dari Program Doktor (S3) atas nama Aan Suparman, Fakultas/Jurusan Pendidikan Agama Islam dengan Ipk 3.63 lalu Program Magister (S2) atas nama Lukman Hakim Fakultas/Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir dengan Ipk 4.00 serta Strata (S1) atas nama Tut Wuri Handayani Fakultas/Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan Ipk 3.97," tutup Prof. Nyanyu Khodijah. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: