FORNAS VI : Kalsel Borong Medali Emas Perlombaan Balogo

FORNAS VI : Kalsel Borong Medali Emas Perlombaan Balogo

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kalimantan Selatan (Kalsel) borong medali emas pada FORNAS VI, dalam perlombaan olahraga tradisional Balogo, di Jakabaring Sport City (JSC), Minggu, 03 Juli 2022.

Baik putra maupun putri, keduanya meraih poin tertinggi sebanyak 35 poin untuk tim putra dan 20 poin untuk tim putri.

Kemenangan tersebut disusul oleh tim B  asal Sumsel 19 poin yang meraih perak dan Kaltim tim A 17 poin meraih perunggu pada Bologo putra.

Selanjutnya, untuk Balogo putri, Jawa Barat  meraih 11 poin untuk perak dan Sumsel tim A meraih 9 poin untuk perunggu.

Perlombaan ini diikuti oleh 11 tim untuk Balogo putra dan 7 tim untuk putri.

Zulpuaddin selaku Sekretaris Persatuan Olahraga Balogo Seluruh Indonesia (Porgosi) Kalsel, sekaligus juri pada perlombaan tersebut berharap olahraga ini dapat dikenal oleh lapisan masyarakat.

"Kami harap olahraga Balogo ini dapat dikenal seluruh masyarakat di daerah Indonesia, bahkan mancanegara. Karena olahraga ini tidak mengenal usia," katanya saat diwawancarai langsung, Minggu (03/07).

Balogo dimainkan secara pertim dengan masing-masing tim terdiri dari 3 orang.

Alat yang digunakan pada olahraga ini disebut 'Logo' yang terbuat dari cangkang kelapa dan 'Campak' yang terbuat dari bambu.

Zulpuaddin menambahkan bahwa Balogo berasal dari kata 'Ba' yang artinya permainan dan 'Logo' adalah nama dari alat yang dimainkan.

Sementara itu, Sri Mar'ati (43), Norlaila (22), Atminiatul (43) selaku pemenang medali emas Balogo putri mengungkapkan, bahwa latihan sudah dilakukan setiap hari dalam seminggu.

"Kalau persiapannya sih kami sejak dulu. Karena di sana (Kalsel), kami latihan setiap hari dalam seminggu, kecuali kalau ada kendala hujan atau yang lainnya," ujarnya.

Selain itu, tim tersebut berharap agar permainan ini tidak punah dan dikenal oleh banyak daerah.

"Perasaannya senang dong, senang banget, bangga juga. Harapannya permainan ini bisa dikembangkan dan dibawa ke daerah-daerah lain," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: