Sumsel Gelap Gulita, PLN Minta Maaf

Sumsel Gelap Gulita, PLN Minta Maaf

PALEMBANG, PALPOS.ID - Sebagian besar wilayah Provinsi Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung mengalami pemadaman listrik sejak Senin (4/7/20220) sekitar pukul 18.30 WIB.

Mati lampu terjadi dikarenakan adanya gangguan penghantar listrik 150 kilo volt (KV) Lahat-Bukit Asam. PT PLN telah mengumumkan pemadaman listrik total (blackout) kepada pelanggan PLN Kota Palembang dan Pulau Bangka.

BACA JUGA:Gerakan Sedekah Subuh Bersama ASN Kota Palembang Pecahkan Rekor MURI

Di Sumsel, terdapat gangguan seperti di Bukit Siguntang, Boom baru, Borang, Bungaran, Gandus, Kenten, Keramasan, Gis Kobar,Gis Kotim, Mariana, New Jakabaring, Seduduk Putih, Sei Juaro, Sei Kedukan, Talang Kelapa, Talang ratu, Tanjung api api, Bukit Asam, Gunung Megang, Simpang Tiga, Gumawang, Kayu Agung, Prabumulih.

Kemudian, di wilayah Jambi gardu di Payo Selincah dan Aur Duri juga terdampak. Saat ini pihak PLN sedang melakukan perbaikan.

BACA JUGA:Disbudpar Gelar Festival Sriwijaya Ke-XXX di Museum SMB II

Sementara itu, PLN meminta maaf kepada warga Palembang atas padamnya aliran listrik se- Kota Palembang.

Manager Komunikasi PT. PLN (Persero) UIW S2JB, Sendy Rudianto menyampaikan pada pukul 18.31 WIB terjadi gangguan penghantar 150 kV yang menyebabkan padamnya listrik di beberapa daerah di Sumatera. "Tidak hanya di Palembang tapi se Sumatera Padam," ujar Sendy.

Lanjutnya, Saat ini petugas sedang melakukan recovery gangguan, mohon doanya agar semua berjalan lancar dan listrik dapat secepatnya mengalir kembali. Untuk perkembangan kondisi selanjutnya akan kami beritahukan secara berkala.

BACA JUGA:Mantan Kadinkes Prabumulih Kembali Tersandung Kasus Dugaan Korupsi

"Jadi ada penghantar kita yang lepas dari jurusan Lahat - Bukit Asam, tapi sudah kita lakukan penyetelan. Belum tau penyebabnya, kemungkinan gangguan sesaat," jelasnya.

Fokusnya, sekarang PLN sedang lakukan penormalan. Sedangkan, untuk penyebabnya ada tim lain yang sedang menelusuri.

BACA JUGA:Kabupaten OKU Dapat Bantuan 500 Dosis Vaksin Untuk Sapi

"Karena jaraknya kan jauh, sekitar 300 km an penghantar itu. Jadi kita fokus ke penormalan dulu. Tapi Sudah ada beberapa wilayah yang kembali normal. Kalau pengalihanny terlalu kompleks untuk diceritakan, karena ini interkoneksi se sumatera," katanya.

Sementara, PLN melakukan pengalihan jaringan untuk memulihkan listrik yang padam. Belum tau pasti sampai kapan padam. Namun yang pasti, saat sudah dalam tahap penormalan.

"Saat ini terpantau yang sudah hidup di kota Palembang (Jakabaring), Muara Enim (Gunung Megang) dan sekitarnya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: