Cegah PMK, Diskanak OKUT Gelar Vaksinasi

Cegah PMK, Diskanak OKUT Gelar Vaksinasi

MARTAPURA, PALPOS.ID - Pemkab OKU Timur (OKUT), melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) melaksanakan kegiatan vaksinasi pada hewan, untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kegiatan yang disaksikan langsung oleh Bupati OKU Timur H Lanosin ST (Enos), dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Provinsi (BPPP) di Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang, Senin (04/7).

Dalam kesempatan itu, Bupati juga turut menjadi eksekutor vaksinasi kepada hewan yang dibantu oleh tenaga ahli.

Dikatakan Enos, kegiatan ini dilakukan tidak lain karena untuk menghindari PMK yang sedang marak terjadi, "Lebih baik mencegah daripada mengobati," ujarnya.

Bupati berharap, dengan adanya vaksinasi ini, maka hewan ternak khususnya Sapi atau Kerbau di Kabupaten OKU Timur terhindar dari PMK. Mengingat di daerah lain sudah banyak hewan ternak yang terjangkit PMK.

Beliau juga menjelaskan jumlah dan jenis vaksin yang digunakan di Kabupaten OKU Timur.

"Vaksin yang kita dapat yakni vaksin Aftopor yang di produksi di Perancis, adapun jumlah yang kita dapat sebanyak 1.900 vaksin," jelasnya.

Setelah melakukan vaksin terhadap hewan, Bupati Enos yang didampingi oleh Sekda Jumadi SSos, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Kepala BPPP, Forkopimda.

Kemudian, Camat Bunga Mayang, Kepala OPD melakukan kegiatan tanam cabai perdana di lahan seluas 7,5 Hektare oleh Perhiptani Sumsel. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo oku timur