Launching Pembangunan Infrastruktur, Enos Targetkan Peningkatan Ekonomi

Launching Pembangunan Infrastruktur, Enos Targetkan Peningkatan Ekonomi

MARTAPURA, PALPOS.ID - Bupati OKU Timur, H Lanosin ST (Enos) secara resmi melaunching Pembangunan Infrastruktur Tahun Anggaran 2022 Kabupaten OKU Timur, di Desa Ulak Buntar Kecamatan Belitang Mulya, Kamis (14/7).

Peresmian dimulainya pembangunan infrastruktur ini ditandai dengan pemecahan gendi dengan didampingi Kapolres OKU Timur, AKBP Nuryono, Anggota DPRD OKU Timur, Vindo Faisal Anugerah, dan Kepala Dinas PUTR Aldi Gurlanda.

"Kita terus bekerja untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia, dan launching pembangunan infrastruktur ini adalah salah satu bentuk realisasi pada misi kedua kabupaten kita, yaitu meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur daerah yang berkualitas, adil dan merata," ujar Bupati Enos.

Enos melanjutkan, dengan adanya pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU Timur maka dampaknya sangat luar biasa dalam sektor perekonomian.

"PDRB merupakan salah satu indikator yang dinilai oleh pemerintah pusat seberapa pantaskah pembangunan yang dapat menimbulkan efek ekonomi pada masyarakat di sekitarnya," lanjut Enos.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah jumlah nilai tambah bruto yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di daerah tersebut. Menghitung PDRB bertujuan untuk membantu membuat kebijakan daerah atau perencanaan, evaluasi hasil pembangunan, memberikan informasi yang dapat menggambarkan kinerja perekonomian daerah.

"Di tahun 2021 sekitar 78% yang baru terbangun, di tahun 2022 janji saya sisa 22% lagi dan akan segera dibangun. Insya Allah segera dibangun agar kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten OKU Timur dapat terpenuhi semua," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUTR Kabupaten OKU Timur Aldi Gurlanda dalam laporannya menyampaikan, bahwa pada tahun ini Pemkab OKU Timur menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 dari pemerintah pusat sebesar Rp32 miliar.

Adapun rincian alokasi pembangunan infrastruktur yang akan dilaksanakan diantaranya Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Simpang Tapus - Srimulyo - Margotani Kec. Madang Suku 2 senilai Rp 7.077.996.000, Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Bantan - Pahang Asri - Pemetung Basuki Kec. BP. Peliung senilai Rp3.929.860.000.

Lalu Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Banban Rejo - Kalidua - Kalirejo - Tuan Ulung Kec. Madang Suku 2/Kec. Buay Madang Timur senilai Rp10.250.030.000 dan Pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan Tanjung Kemuning - Ulak Buntar - Margomulyo Kec. Belitang Mulya/Kec. Belitang 2 senilai Rp8.769.026.000. "Selain itu, dari dana yang didapat juga akan dibangun sanitasi di Kabupaten OKU Timur senilai Rp2,3 miliar," jelas Aldi.

Aldi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati OKU Timur atas pengarahan yang telah diberikan, sehingga OKU Timur berhasil mendapatkan Dana Alokasi Khusus tahun 2022.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat, baik di Desa Ulak Buntar dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama gotong royong pada proses pembangunan infrastruktur ini," tutup Aldi. (*)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: