Diguyur Hujan, Akses Jalan Tertimbun Longsor

Diguyur Hujan, Akses Jalan Tertimbun Longsor

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Akibat curah hujan tinggi mulai dari pagi hingga petang, mengakibatkan akses jalan di Desa Muara Tenang kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten MUARA ENIM tertimbun longsor, Jumat (15/7) pukul 03.00 WIB.

Akibat timbunan tanah longsor tersebut, sejumlah kendaraan tidak dapat melintas, baik roda dua maupun roda empat. Akses ruas jalan dapat dilalui setelah BPBD bersama Dinas PUPR MUARA ENIM melakukan evakuasi material yang menutupi badan jalan penghubung antara Desa Seri Tanjung dan Desa Muara Tenang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MUARA ENIM, H Abdur Rozieq Putra ST MT mengatakan, pihaknya bersama pemerintah setempat, dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, telah melakukan usaha penanggulangan terhadap material longsor.

Dikatakan Rozieq, jalan tersebut sempat tutup total karena material tanah menimbun seluruh badan jalan. Berdasarkan laporan, panjang longsor sekitar 10 meter dengan ketinggian kurang lebih 5 meter.

Lanjut Rozieq, setelah mendapat informasi, pihaknya melakukan monitor dan berkoordinasi dengan aparat desa. Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak melintas di jalur tersebut sementara waktu.

"Kami turunkan Tim Satgas BPBD dan berkoordinasi dengan PUPR untuk mengirimkan alat berat guna mengevakuasi material longsoran tersebut, sebelum akhirnya kembali normal," ujarnya.

Proses penanggulangan menggunakan alat berat berat PUPR, untuk mempercepat penanggulangan dan pembersihan material longsor. "Dugaannya, kejadian ini disebabkan curah hujan tinggi dan kondisi tanah yang gembur," pungkasnya.(*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: