Disperkim OKUT Siapkan Relokasi Rumah Korban Bencana

 Disperkim OKUT Siapkan Relokasi Rumah Korban Bencana

MARTAPURA, PALPOS.ID - Guna menyusun perencanaan teknis terkait Detailed Engineering Desain (DED) pengendalian banjir di Kabupaten OKU Timur, maka Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) setempat melakukan sosialisasi persiapan penyediaan atau relokasi rumah korban bencana.

 

Sosialisasi ini berlangsung di Desa Perjaya, Kecamatan Martapura, OKU Timur, Jumat (15/7). Acara ini dihadiri langsung Balai Wilayah Sumatera Selatan, Dinas Perkim Provinsi Sumatera Selatan, Bappeda Litbang OKU Timur, Kepala Dinas BPBD dan Kepala Disperkim OKU Timur.

 

Kepala Disperkim OKU Timur, Danan Rachmat, SE, MSi mengatakan, sosialisasi ini merupakan upaya tanggap bencana lintas sektoral. Baik secara kedinasan maupun secara program.

 

Dalam hal ini kata Danan, Dinas Perkim OKU Timur dìberikan tugas menangani korban bencana alam yang sifatnya secara permanen, seperti korban bencana banjir.

 

Dimana, untuk merealisasikan hal ini, pihaknya bekerjasama dengan Balai Wilayah Sumsel, Dinas Perkim Sumsel dan pemerintah pusat.

 

Bahkan lanjut dia, pihaknya menginginkan agar ada lahan yang tersedia untuk merelokasi korban bencana alam banjir melalui program penyediaan perumahan.

 

"Hasil sosialisasi yang kita lakukan, ada beberapa usulan warga untuk menanggulangi bencana banjir. Seperti, pembangunan drainase dì Desa Keromongan, sebab daerah ini merupakan langganan banjir. Kemudian penanaman bibit Vetiper atau akar wangi untuk menanggulangi banjir melalui serapan air," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: