PDIP dan Gerindra Masih Perkasa di Sumsel

PDIP dan Gerindra Masih Perkasa di Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Gerindra masih tetap perkasa. Dan menempati urutan teratas dalam tingkat keterpilihan (elektabilitas) di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Partai besutan Megawati Soekarno Putri dan Prabowo Subianto ini unggul dari partai lainnya dalam survei yang digelar Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI).

“PDIP dan Gerindra masih menempati posisi teratas dari survei yang dua kali kita gelar. Elektabilitas PDIP dan Gerindra masih berada di dalam marjin of error. Kita potret, pola trend, partai yang dikomandoi ketua umum Ibu Megawati Soekarno Putri dan Prabowo Subianto ini trend elektabilitasnya positif dari Dapil 1 Sumsel dan dapil 2 Sumsel. Sedangkan partai yang membayanginya adalah Golkar, Demokrat dan Nasdem,” ungkap Direktur Eksekutif LKPI, Arianto MA MIKomPol, Rabu (20/7/).

Lebih lanjut, mantan kordinator Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini menerangkan, secara berurutan, elektabilitas dari partai hasil survei adalah PDIP (22 %), Gerindra (19,7 %), Golkar ( 11,2 %), Demokrat (8,0 %), Nasdem (6,8 %). Kemudian, PKS (5,8 %), PKB (4 %), PAN (4 %), PPP (1,4 %), Perindo (1,3 %), Hanura (0,7 %), Gelora (0,4 %), PBB (0,4 %), Berkarya (0,1 %), PSI (0,1 %), PKN (0,1 %). Sementara massa mengambang sebesar (14 %).

Kuatnya tarikan elektoral PDIP dan Gerindra, lanjut lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Inonesia (PERSEPI) ini tidak lain adalah buah hasil kerja para kader-kadernya, serta simpatisan dan sayap partai yang sering turun ke masyarakat.

Kerja-kerja partai Moncong Putih yang lebih terekspose dan dirasakan masyarakat. Ini akan tercermin dari tingkat pengenalan dan kehadiran partai tersebut di masyarakat.

Pada akhirnya, akumulasi dari semua kerja yang dilakukan para anggota legislatifnya baik dari DPR RI, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten dan Kota akan tergambar dengan nilai elektabilitas yang tinggi.

“Pertanyaan yang kita sodorkan ke responden sangat sederhana. Seandainya pemilihan umum legislatif dilaksanakan hari ini (saat survey digelar), partai politik apakah yang akan bapak/ibu pilih untuk memilih anggota DPR RI. Pada bagian ini sangat jelas, kalau partai politik bekerja keras dan banyak menemui masyarakat ke bawah serta menyerap aspirasi dan memberikan solusi, pasti responden akan menjawab pilihan partai politik tidak akan ragu lagi. Ya, itu tadi, kuncinya kerja parpol harus  lebih gencar lagi lah,” ujar Iyan.

Untuk itu, apabila ritme elektabilitas PDI-P dan Gerindra bisa bertahan menjelang hari pemilu akan digelar 14 Febuari 2024, bukan barang mustahil, partai yang dikomandoi Giri Ramanda NK di Sumsel ini akan keluar sebagai pemenang di provinsi Sumatera Selatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: