Ratusan Pekerja PLTU Sumsel 1 Mogok Massal

Ratusan Pekerja PLTU Sumsel 1 Mogok Massal

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Ratusan pekerja PLTU Sumsel 1 yang tergabung dalam Serikat Buruh Kerakyatan (SERBUK) Sumsel 1 berlokasi di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, Muara Enim nekat lakukan aksi mogok kerja secara massal, Selasa (26/7).

 

Hal ini dilakukan guna menuntut hak-hak normatif sebagai pekerja yang dinilai tak kunjung dipenuhi oleh pihak PLTU Sumsel 1.

 

Berdasarkan informasi di lapangan, aksi mogok kerja tersebut berlangsung sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Hampir 400 pekerja yang turun ke lapangan melakukan aksi mogok kerja.

 

Ketua Serikat Buruk Kerakyatan (SERBUK) SUMSEL 1 Arisal, mengatakan bahwa, pihaknya nekat mengambil sikap melalui aksi mogok kerja tersebut karena sudah bosan menanti pihak perusahaan memenuhi janji untuk memberikan atau memenuhi hak-hak pekerja.

 

“Kami masih menuntut hak-hak kami sebagai pekerja. Kami sudah bosan dengan janji-janji perusahaan yang tak kunjung ditepati, dulu sudah pernah mogok dan janjinya akan dipenuhi tapi ternyata masih tak kunjung dipenuhi. Makanya sekarang kita ambil sikap lagi,” ucap Arisal kepada awak media.

 

Dijelaskan Arisal, dalam aksi tersebut pihaknya menyampaikan 12 poin tuntutan dan meminta pihak perusahaan untuk memenuhinya. Sebab, sejak 2017 proyek dari perusahaan China yang bernama PLTU Sumsel 1 ini dibangun dengan mengumpulkan ratusan pekerja.

 

“Keseluruhannya dikontrak tidak jelas. Sebagian besar yang lain tanpa kontrak. Selain itu, di pekerjaan yang penuh resiko tinggi ini, APD keselamatan kerja tidak diberikan dengan layak. Banyak pekerja yang tidak didaftarkan BPJS. THR juga tidak dibayarkan sesuai ketentuan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: