Diskannak OKU Vaksin 100 Ekor Ternak Sapi Antisipasi PMK

Diskannak OKU Vaksin 100 Ekor Ternak Sapi Antisipasi PMK

Kepala Diskannak OKU, Tri Apriningsih. -Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kembali memberikan suntikan vaksin kepada 100 ekor hewan ternak sapi milik peternak di daerah itu untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Alhamdulillah Kabupaten OKU mendapat tambahan dosis vaksin jenis Aftopor untuk 100 ekor sapi," kata Kepala Diskannak OKU, Tri Aprianingsih, Rabu (03/8).

Dia mengatakan, pemberian vaksin kali ini menyasar pada hewan ternak milik masyarakat di Desa SP3, Kecamatan Peninjauan dari 12 peternakan.

Pemberian vaksin Aftopor itu dilakukan untuk memberikan kekebalan tubuh pada hewan ternak agar kebal dari penyebaran PMK yang saat ini merebak di berbagai daerah di Indonesia.

"Untuk OKU sendiri belum ada hewan ternak yang terinfeksi PMK. Meski demikian upaya antisipasi perlu dilakukan sedini mungkin melalui penyuntikan vaksin tersebut," tegasnya.

Penyuntikan vaksin dilakukan oleh tim satgas PMK dengan cara mendatangi langsung ke tempat-tempat peternakan sapi untuk disuntik obat penangkal wabah tersebut.

Tri menambahkan, berdasarkan data dari total populasi ternak sapi di OKU saat ini yaitu sebanyak 8.800 ekor, hingga saat ini baru 600 ekor diantaranya yang sudah diivaksin anti PMK.

"Artinya masih banyak yang belum mendapat vaksin. Mudah-mudahan dalam waktu akan ada penambahan dosis dari pemerintah provinsi sehingga OKU dapat bebas dari PMK," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: