Puncak Super Garuda Shield 2022, Berbagai Alutsista Canggih Dikerahkan

Puncak Super Garuda Shield 2022, Berbagai Alutsista Canggih Dikerahkan

Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut Panglima Komando Indo Pasifik Admiral, John C. Aguilino, Jumat (12/08). -Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral, John C. Aguilino meninjau pelaksanaan latihan puncak Super Garuda Shield 2022.

Peninjauan tersebut bertempat di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad Baturaja OKU Sumsel, Jumat (12/8).

Berbagai Alutsista terbaru dan canggih milik TNI pun dikerahkan dalam puncak pelatihan Combine Armed Live Fire Exercise (Calfex) atau latihan penembakan terintegrasi dalam rangka latihan Super Garuda Shield 2022 yang diikuti oleh 13 negara sahabat ini.

Adapun persenjataan dan Alutsista canggih yang digunakan, antara lain Meriam 105 KH 178, Meriam 105 M119, Heli AH-64 Apache, Heli UH-60 Blackhawk, Helly Bell 412, ASTROS, HIMARS, MO 60 dan MO 81.

Sementara, personel yang terlibat dalam Combined Arms Life Fire Exercise ini, terdiri dari TNI AD 698 personel, US ARMY 750 personel dan Australia 88 personel.

Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, Calfex bertujuan memvalidasi kemampuan Komandan Lapangan untuk merencanakan dan melakukan tembakan langsung yang cepat secara taktis, aman dan realistis, menerapkan prinsip-prinsip taktik manuver dalam lingkungan pertempuran.

"Calfex dimaksudkan untuk membantu berlatih mengendalikan banyak satuan tempur antar Kecabangan dalam formasi, banyak aset untuk mendukung formasi tersebut, untuk menyinkronkannya dalam ruang dan waktu," ungkap Panglima. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: