Gubernur HD Inginkan Atlet Nasional Putra Daerah Sumsel

Gubernur HD Inginkan Atlet Nasional Putra Daerah Sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru bukan Popda XVI Provinsi Sumsel di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa, 23 Agustus 2022. -Palpos.id-Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID - Guna menjaring bibit atlet berprestasi dari penjuru Sumsel, untuk bertanding pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Tahun 2023 mendatang.

Pemprov Sumsel menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022.

Popda Sumsel dibuka langsung Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD). Kegiatan dipusatkan di Dinning Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa, 23 Agustus 2022.

Dalam arahannya, Gubernur HD menegaskan, Popda merupakan salah satu bentuk pembinaan olahraga dalam menjaring atlet muda berbakat dari seluruh penjuru Sumsel.

BACA JUGA:Lepas Kontingen Popda, Pj Bupati Muara Enim Siapkan Bonus Atlet Berprestasi

"Popda ini sebagai seleksi dalam mencari bibit atlet berprestasi dari seluruh pelosok daerah di Sumatera Selatan," tegasnya.

Selain itu lanjut Gubernur Sumsel, selama ini banyak para atlet dipelosok yang belum terjamah, sehingga bakat yang dimiliki tidak tersalurkan. 

"Saya minta para pembina olahraga di Sumsel terus menggali bakat-bakat atlet yang ada di daerah. Berkoordinasi dengan dinas terkait, sehingga pembinaan dapat dilakukan dengan baik," tambahnya.

Herman Deru berharap kedepan atlet yang prestasi ditingkat nasional betul-betul putra/i Sumsel.

BACA JUGA:100 Kontingen OKI Berlaga Pada Ajang POPDA XV

Karena itu dia menekankan para  Bupati/ Walikota memaksimalkan pembinaan bagi para atlet mulai dari sekolah-sekolah. 

"Kita bangga jika menjadi juara. Tetapi akan lebih bangga lagi jika atlet yang meraih juara tersebut merupakan putra/i daerah Sumsel," harapnya.

Dia menilai ajang Popda XVI, selain menjadi ajang kompetisi olahraga. Juga  menjadi sarana silaturahmi dan tukar pengalaman bagi para atlet.

"Ini harus dijadikan ajang bertukar pengalman sehingga atlet di Sumsel ini bisa sama-sama berkembang. Tujuan kita disini sama, yakni ingin mengharumkan nama Sumsel," imbuhnya.

BACA JUGA:Lepas Kontingen POPDA Sumsel XV, Bupati Enos Targetkan 3 Besar

Terlebih Sumsel akan menjadi tuan rumah Popnas tahun 2023. Dengan target Sumsel sukses sebagai penyelenggara serta sukses dalam prestasi.

"Sebagai tuan rumah Popnas di tahun 2023, Sumsel harus sukses. Selain sukses sebagai penyelenggara, juga sukses dalam meraih juara. Minimal masuk 10 besar terbaik," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Sumsel, Riza Fahlevi melaporkan, Popda digelar sebagai bentuk pembinaan bagi siswi berprestasi di bidang olahraga.

"Popda ini menjadi ajang menjaring atlet berbakat selain sebagai pembinaan olahraga nasional," imbuhnya.

BACA JUGA:Gubernur HD Ajak Peserta Jambore PPI Hasilkan Karya Bermanfaat

Dia merinci pada Popda kali ini mempertandingkan 24 cabang olahraga. Dengan peserta kalangan pelajar dari berbagai tingkatan sekolah di Sumsel.

Untuk diketaui pada pembukaan Popda XVI Sumsel tersebut ditandai dengan penyulutan api obor oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, sehingga menambah semarak pesta olahraga pelajar tersebut. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pemprov sumsel