Pemprov Sumsel Bakal Berangkatkan Peserta Magang ke Jepang

Pemprov Sumsel Bakal Berangkatkan Peserta Magang ke Jepang

Wagub Sumsel Mawardi Yahya buka seleksi nasional pemagangan ke Jepang, Senin (29/08). -Palpos.id-Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID - Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel H Mawardi Yahya, mengharapkan 283 para calon peserta magang ke Jepang tanun 2022 asal Sumsel, dapat bersaing secara sehat.

Pada seleksi daerah dan seleksi nasional yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, dan Internasional Manpower Development Organisation (IM Japan).

"Para peserta seleksi  harus jaga sikap disiplin dan fokus. Karena seleksi ini juga diikuti para peserta bukan hanya dari Sumsel, tetapi juga secara nasional," harap Mawardi Yahya saat membuka secara resmi jalannya Seleksi Nasional Pemagangan ke Jepang.

Kegiatan seleksi nasiona dilaksanakan di GOR Dempo Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Senin, 29 Agustus 2022.

BACA JUGA:Berikan Kesempatan Mahasiswa Magang, Gojek Jalin Kerjasama Dengan UMP

Menurut Wagub Mawardi, program pemagangan yang dilaksanakan merupakan salah satu cara Pemprov Sumsel dalam mencetak tenaga kerja terampil. Dan nantinya akan berimbas pada berkurangnya pengangguran di Sumsel.

"Atas nama Pemprov Sumsel tentu kami sangat berterimakasih, karena telah memberikan kesempatan pada calon peserta magang asal Sumsel,” ujarnya.

‘’Semoga nantinya mereka bisa mendapatkan ilmu bermanfaat. Dan membuat usaha sendiri setelah selesai magang nantinya," imbuh Wagub Mawardi.

Menurutnya, program  magang  menjadi peluang emas bagi para calon tenaga kerja muda di Sumsel.

BACA JUGA:Pembalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC Jepang.

"Manfaatkan kesempatan emas ini. Bagi mereka yang lulus nantinya pada tahapan akhir bisa beradaptasi dengan kondisi negara tujuan. Dan setelah kembali dapat membangun daerah," pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPP Ikatan Pengusaha Keshusei Indonesia (IKAPEKSI), Edi Waryono menuturkan para peserta calon magang di Jepang tahun 2022 akan mengikuti seleksi Daerah di Palembang, dan Nasional di Bekasi masing-masing 2 bulan lamanya. 

Sedangkan IKAPEKSI tegas dia, sebagai penyelenggara dalam pelaksanaan seleksi daerah selama di Palembang.

"Peserta akan mengikuti beberapa seleksi. Diantaranya tingkat daerah dan nasional dengan bermacam test, mulai tari tes akademik, tes fisik, tes psikologi, tes wawancara,” ungkapnya.

BACA JUGA:Sebagai Bentuk Perdamaian, Pasukan Tentara Jepang Hadiahi Origami Burung Bangau Untuk Kota Palembang

‘’Dan akan mengikuti les bahasa Jepang sebelum berangkat pun mereka telah mendapatkan ilmu dan pengalaman," kata Edi.

Ditempat yang sama, Wakil Direktur Internasional Manpower Development Organisation (IM Japan), Pujita Singgoh menyebutkan, program Magang ke Jepang telah lama dilaksanakan Kemenaker dan IM Japan.

Atau sejak 1993 dan menghasilkan alumni sebanyak 5.000 tenaga kerja yang tersebar di Indonesia.

"Program ini telah 29 tahun berlangsung yang telah menghasilkan alumni yang telah sukses dengan usahanya masing-masing. Total 5 ribu alumni yang berasal dari Indonesia," kata Pujita.

BACA JUGA:Ekspansi Pasar Jepang, BNI Tokyo Pindah Ke Business District

Dia menuturkan para peserta yang lulus akan diberangkatkan pada tahun 2023 dan siap akan mengikuti kegiatan magang selama 5 tahun di Jepang.

"Peserta yang telah lulus berangkat sekitar bulan Aprli atau Juli tahun 2023 akan ditanggung perusahaan selama di Jepang 5 tahun,” ungkapnya.

‘’Dimana, 3 tahun pertama kemudian akan di pulangkan ke Indonesia. Lalu sisa 2 tahun lagi akan diberangkatkan kembali," tandasnya. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pemprov sumsel