Ada Tim Yang Memonitor Informasi Kecurangan

Ada Tim Yang Memonitor Informasi Kecurangan

Kepala Dinkes Lubuklinggau, Erwin Armeidi,Foto: Maryati/Palpos.id --

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Adanya keluhan warga/peserta BPJS terkait pelayanan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit (RS) Siloam Silampari ternyata sudah sampai ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau. Bahkan pihak Dinkes telah melayangkan surat konfirmasi ke pihak RS tersebut terkait masalah itu.

 

"Kita sudah mengetahui dan mendapatkan kronologis kejadiannya seperti apa," ujar Kepala Dinkes Lubuklinggau, Erwin Armeidi, ketika dikonfirmasi, Rabu (31/8).

 

Menurut Erwin, untuk melakukan pengawasan dan menindaklanjuti adanya indikasi kecurangan terhadap layanan kesehatan dengan jaminan BPJS, di Dinkes Lubuklinggau telah terbentuk tim pencegahan kecurangan (Fraud) dalam program jaminan kesehatan pertama dan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan Kota Lubuklinggau. 

 

"Tim ini yang bertugas melihat, mencermati, mengawasi kecurangan-kecurangan yang terjadi di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS hubungannya dengan layanan kesehatan melalui jaminan BPJS," jelasnya.

 

Dimana lanjutnya, monitoring akan dilakukan bilamana ada keluhan/informasi adanya kecurangan dari fasilitas kesehatan tertentu. Termasuk salah satunya dalam kasus yang dilaporkan warga ke DPRD belum lama ini. "Tim ini yang turun melakukan monitoring ke faskes ketika ada keluhan atau informasi kecurangan," jelasnya.

 

Bila ternyata indikasi kecurangan tersebut terbukti, tambah Erwin, tentu akan ada sanksinyang diberikan. "Ada sanksi sesuai aturan bila ternyata terbukti," pungkasnya. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: