Hanya Jadi Penonton, Warga Desa Lingga Akan Demo PTBA

Hanya Jadi Penonton, Warga Desa Lingga Akan Demo PTBA

Ketua Tim Demo, Amat Nangwi.Foto:Febi/Palpos.id--

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Ratusan warga Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, akan menggelar demo besar-besaran ke PTBA. Pasalnya, PTBA dan sub kontraktornya telah ingkar janji terhadap perjanjian dengan masyarakat Desa Lingga, terutama dalam hal penerimaan tenaga kerja lokal (pribumi,red). 

 

Aksi demo tersebut akan digelar di Akses Banko Barat Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Minggu (4/9).

 

Menurut Ketua Tim Demo, Amat Nangwi yang didampingi Divisi Legal dan Hukum Alyus Taufik Cikdin SH dan rekan lainnya mengatakan bahwa, dalam aksi demo nanti pihaknya akan menyampaikan beberapa tuntutan kepada PTBA dan Sub kontraktornya terutama yang beroperasi di tambang Banko Barat. 

 

Sebab pihaknya menilai, PTBA dan sub kontraktornya telah ingkar janji, padahal areal pertambangan Banko Barat tersebut adalah tanah nenek moyang masyarakat Desa Lingga.

 

Adapun tuntutannya yaitu lanjut Amat Nangwi, bahwa Masyarakat Desa Lingga meminta surat perjanjian lama tentang penerimaan tenaga kerja pribumi (lokal) yang dibuat pada tahun 1999–2011–2015, minta diperbaharui dan diterapkan dari 30 persen menjadi 50 persen di setiap penerimaan perusahaan yang ada di wilayah Banko Barat Desa Lingga.

 

Kemudian, pihak PT Bukit Asam dan Sub kontraktor yang terkait wajib memberikan pelatihan dalam bentuk magang berkelanjutan sampai peserta pelatihan di pekerjakan. 

 

Lalu, CSR Bukit Asam dan Sub kontraktor lainnya wajib berkontribusi kepada masyarakat Desa Lingga sebesar 2,5 persen dari anggaran dana yang akan dikeluarkan CSR.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: