Peringati HKGN, PDGI OKI Gelar Penyuluhan dan Sikat Gigi Massal

Peringati HKGN, PDGI OKI Gelar Penyuluhan dan Sikat Gigi Massal

Suasana kegiatan Penyuluhan dan Sikat Gigi Massal yang diselenggarakan oleh PDGI OKI di SDN 14 Unggulan Kayuagung, Senin, 12 September 2022. -Palpos.id-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022. Persatuan Dokter Gigi Seluruh Indonesia (PDGI) cabang Kabupaten OKI menggelar Penyuluhan dan Sikat Gigi Massal, Senin, 12 September 2022.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di SDN 14 Unggulan Kayuagung tersebut, Ketua PDGI  OKI, drg Miko mengatakan, kali ini mereka menargetkan mencetak rekor MURI dengan jumlah peserta 700 ribu anak seluruh Indonesia.

"Untuk Kabupaten OKI sendiri sebanyak seribu peserta per hari ini. Adapun tema yang diangkat yaknu Pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia," ungkapnya seraya menyebutkan giat di SDN 14 sebanyak 436 orang anak.

Ia menambahkan, kegiatan penyuluhan dan sikat gigi massal merupakan bagian dari rangkaian HKGN 2022 ini. Dimana diselenggarakan oleh PDGI dari tingkat Nasional hingga Kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Pernikahan dokter di Pinrang Heboh, Mahar Rp5 Miliar, 7 Artis Hibur Undangan

"Alhamdulilah, berkat arahan dari Pemkab, Kadinkes, bantuan dari Puskesmas Kutaraya, Kepsek dan Staf SDN 14 Kayuagung, Pengwil PDGI Sumsel, juga bantuan rekan-rekan sejawat PDGI OKI, kegiatan tersebut di wilayah OKI dapat terlaksana," ujarnya.

Dikatakannya lagi, untuk tema sendiri mereka mengambil tema seperti itu, karena semua tahu, Indoensia telah melalui masa sulit yang dirasakan seluruh lapisan masyarakat akibat Pandemi Covid 19.

"Oleh karena itu, kita semua berharap bahwa seluruh sektor tidak hanya kesehatan akan pulih dengan sendirinya dan bangkit lebih baik lagi,” jelasnya.

‘’Khususnya untuk peningkatan derajat kesehatan gigi dan mulut, karena mulut merupakan Pintu Gerbang Kuman atau Bakteri," tuturnya.

BACA JUGA:Pencabutan SP3 Dua Dokter RS Muhammadiyah Dikabulkan Majelis Hakim PN Palembang

Masih kata Miko, menurutnya, terutama pada usia Sekolah Dasar (SD) sangatlah penting menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Salah satu tindakan preventive atau pencegahan yaitu dengan cara menyikat gigi yang benar dan waktu yang tepat.

"Karena dari hasil penelitian juga menunjukkan kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan erat dengan Covid 19,” ungkapnya.

‘’Seseorang yang kesehatan gigi dan mulutnya buruk, berisiko tinggi mengalami komplikasi berat saat terpapar Covid 19," terangnya.

BACA JUGA:Usut Kematian Napi Gagal Kabur, Giliran Dokter Lapas Lubuklinggau Diperiksa Polisi

Lebih lanjut, lantaran bakteri dari penyakit dalam mulut maupun gigi dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, hipertensi, dan pneumonia.

"Kita berharap, giat berupa penyuluhan dan sikat gigi massal ini dapat menjadikan Pelajar di SDN 14 Kayuagung berperilaku  hidup bersih dan sehat," imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan OKI, Iwan Setiawan melalui dr Heri mengemukakan, di masa pandemi sekarang ini.

Selain membentengi diri dari penularan Covid 19 dengan rutin mencuci tangan pakai sabun, menjaga kebersihan gigi dan mulut juga tak kalah penting.

BACA JUGA:RSUD Sekayu Jadi Tempat Pendidikan Dokter Spesialis dan Umum

"Sebab, kesehatan gigi dan mulut turut merefleksikan kesehatan tubuhmu secara umum. Jadi harus dirawat dengan baik dan benar," imbaunya.

Senada, Wakil ketua TP PKK OKI, Hj Siti Rohani Djakfar Shodiq juga mengimbau, kepada anak -anak tidak hanya di SDN 14 unggulan Kayuagung, tetapi di seluruh sekolah wilayah Kabupaten OKI untuk senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Dengan menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Selain itu, makanlah makanan bergizi, kurangi makanan manis dan lengket, beolahraga dan beristirahat cukup serta rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: