Warga Antusias Ikuti Pengabdian Masyarakat FKM Unsri

Warga Antusias Ikuti Pengabdian Masyarakat FKM Unsri

Warga Desa Burai antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digelar FKM Unsri, di Burai Community Center, Sabtu (17/9)---PALPOS.ID

OGAN ILIR, PALPOS.ID - Puluhan warga Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan antusias mengikuti program pengabdian kepada masyarakat (Pengmas), yang diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya (Unsri) di Burai Community Center, Sabtu (17/9).

Antusias warga tampak dari respon aktif mereka melalui diskusi ringan bersama Tim Pengmas. Warga juga tidak sungkan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan oleh Tim Pengmas FKM Unsri.

Pada kesempatan ini Tim Pengmas FKM Unsri memberikan edukasi tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat dalam program Germas Bahagia. Tim Pengabdian Masyarakat FKM Unsri ini diketuai Asmaripa Ainy, S.Si., M.Kes dan beranggotakan Dr. Misnaniarti, S.KM., M.KM, Dr. Haerawati Idris, S.KM., M.Kes dan Dian Safriantini, S.KM., MPH.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, karena kami sangat membutuhkan bimbingan dari ibu-ibu semua, terkait dengan bagaimana menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kencana, warga Desa Burai yang hadir saat itu.

Ketua Tim Pengmas FKM Unsri Asmaripa Ainy, S.Si., M.Kes dalam sambutannya mengatakan, pertemuan ini adalah untuk kedua kalinya dalam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama September - Oktober 2022.

“Pada pertemuan pertama pekan lalu kami melakukan diskusi dan menyampaikan materi Germas Bahagia kepada para kader. Kali ini kami lanjutkan dengan penyuluhan dan tanya jawab kepada ibu-ibu warga Desa Burai ini,” kata Asmaripa.

Asmaripa menambahkan, Germas adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuh poin penting yang dirangkum dalam kata BAHAGIA.

BAHAGIA yang dimaksud adalah B yaitu biasakan melakukan aktivitas fisik, A Anjuran memeriksakan kesehatan secara berkala, H hindari rokok dan merokok, A agar tidak minum beralkohol, G yaitu gemar makan sayur dan buah, I ikut menjaga kesehatan lingkungan dan A yaitu ayo gunakan jamban sehat.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” harap Asmaripa.

Sementara itu acara juga semakin atraktif dengan adanya ice breaking yang dipandu oleh dosen FKM Unsri Mesi Parlinda, S.Si., M.K.M. Keseruan yang diikuti gelak tawa riang para warga terlihat selama ice breaking berlangsung.

Tak kalah seru, mahasiswa FKM Unsri juga menyiapkan 15 pertanyaan seputar Germas Bahagia dan disambut antusias oleh warga. Rona bahagia tampak dari warga yang menerima doorprize saat menjawab pertanyaan dengan benar.

Adapun mahasiswa FKM Unsri yang ikut terlibat dalam kegiatan ini adalah Kaisa Davina Maharani, Trinita Ayuningtyas, Zahrah Fitri Inayah, Rizka Sri Rahayu, Maryam Hafizah, Lian Tarina, Terra Nandira dan Azzahra Rahmadini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id