Warga Muara Enim Minta Segera Selesaikan Pengaspalan

Warga Muara Enim Minta Segera Selesaikan Pengaspalan

Para pengendara terpaksa ekstra hati-hati takut tergelincir ketika akan melintasi pintu perlintasan rel sebidang milik PT KAI di Muara Enim, Senin (19/09).-Palpos.id-

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Para pengguna jalan terutama roda dua dan pedagang kaki lima keluhkan proyek pengerasan jalan di pintu perlintasan sebidang milik PT KAI.

Pasalnya, selain membahayakan juga terlalu menanjak dan curam sehingga menyulitkan pengguna jalan bahkan sering terjatuh dan tergelincir.

Yakni saat melintasi pintu perlintasan rel sebidang milik PT KAI di RW 01, Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Senin 19 September 2022.

Dari informasi dan pengamatan di lapangan, bahwa hamparan batu pecah terlihat menumpuk dipintu perlintasan KA di Kelurahan Muara Enim yang merupakan akses utama masyarakat untuk keluar masuk ke kota Muara Enim (Pasar, red).

BACA JUGA:KAI Divre III Palembang Jaga dan Selamatkan Aset

Menurut warga baru pecah tersebut dihamparkan oleh pihak PT KAI pada malam hari dengan maksud untuk diaspal.

Namun sampai pagi hari ternyata pengerjaannya belum kelar sehingga ketika pagi hari sewaktu warga mulai beraktifitas banyak yang terjebak dan terjatuh.

Sebab batu tersebut licin dan berlari ketika dilintasi kendaraan baik roda dua dan empat.

Bahkan para tukang becak dan gerobak kaki lima harus didorong beramai-ramai untuk melintasi lokasi tersebut sehingga membuat aktifitas warga benar-benar terganggu.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Ikut Aturan Pemerintah Terkait Skema Pengelolaan Tol

“PT KAI kalau mau mengerjakan proyek lihat dulu Sikon. Jangan mau cepat saja tetapi hasilnya asal-asalan,” ujar Awi (54) warga Kelurahan Muara Enim yang kesusahan melintas.

Menurut Awi, PT KAI kalau mau bekerja seharusnya dikaji dahulu, mulai metode yang akan digunakan dan material yang dipakai.

Kalu lokasi ini selalu ramai dan padat, tentu harus digunakan sistim buka tutup dan gunakan rambu-rambu serta petugas untuk mengeleminir insiden yang menyebabkan kerugian di masyarakat.

Jika mau diperbaiki seharusnya jangan setengah-setengah, seperti lakukan dulu pengecoran dan setelah itu diaspal sehingga hasilnya benar-benar kuat tidak mudah hancur.

BACA JUGA:Belum Vaksin Booster, Pelanggan KAI Wajib Tes RT-PCR

Jangan sebaliknya, mau cepat saja dan mencari yang mudah, cukup dengan ditimbun batu agregat dan koral setelah itu di aspal. Ini pasti tidak akan lama aspalnya sudah hancur kembali karena pondasinya kurang padat.

“Lebih baik lama tetapi kualitasnya baik daripada cepat tetapi kualitasnya buruk dan akan terus menjadi PR,” tegasnya.

Ketua RW 01 Kelurahan Muara Enim, Welki mengatakan pihaknya sudah menghubungi penanggungjawab pengerjaan pengerasan jalan tersebut.

Sebenarnya sudah sejak lama PT. Kereta Api Property Manajemen (KAPM) ingin menaikkan jalan tersebut, namun sempat diminta untuk menunggu ditakutkan hal semacam ini terjadi.

BACA JUGA:Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, KAI Divre III Lakukan Kampanye Cegah Tindak Kekerasan Seksual di Stasiun Kert

Pengerasan dan penimbunan ini dilakukan sejak tadi malam, namun sudah diberikan peringatan untuk menyelesaikan dalam tempo satu malam.

Karena jalur ini bukan hanya RW 01 yang melintas tapi akses RW lain dari RW 01 sampai 07.

“Keadaan jalan ini mengkhawatirkan, karena banyak batu yang berhamburan, kabarnya memang sempat ada insiden terjatuh dan tak kuat menanjak, dari laporan masyarakat,” jelasnya.

Pengawas PT KAI Divre III Sumbagsel, Bowo mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pengerjaan proyek ini mulai dari RT, Lurah, Babinsa, Dishub dan sebagainya.

BACA JUGA:Pelajar Muara Enim Pelopor dan Pelapor Menyelesaikan Permasalahan Anak

Rencananya memang semalam pekerjaan ini sudah bisa kelar, namun ternyata diguyur hujan sehingga pemadatannya tertunda dan mulai dilakukan pagi harinya.

“Kita lihat dulu apakah sore nanti sudah sempurna pemadatannya, kalau sudah sempurna malam ini kita langsung lakukan pengaspalannya,” pungkasnya.

Sementara itu Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH, bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat atas keluhan akibat proyek PT KAI karena banyak warganya yang terjatuh dan tergelincir akibat proyek tersebut.

Untuk itu, ia turun langsung melihat kondisi dilapangan, dan ternyata benar laporan tersebut.

BACA JUGA:Warga Muara Enim Sambut Bungadesa dengan Harapan

Untuk itu Ia telah meminta kepada PT KAI untuk secepatnya menyelesaikan pekerjaan tersebut sebab akses jalan tersebut adalah akses utama masyarakat.

“Saya minta PT KAI untuk  bertanggungjawab dan segera melakukan pengerasan dan pemadatan serta pengaspalan jalan hari ini juga, sehingga besok sudah normal kembali,” tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: