Komplotan Pencuri di Minimarket Waralaba Dari Palembang Terciduk di Lubuklinggau

Komplotan Pencuri di Minimarket Waralaba Dari Palembang Terciduk di Lubuklinggau

Barang bukti mobil yang digunakan, dan beberapa tersangka yang sedang diinterogasi Satreskrim Polres Lubuklinggau, Selasa 04 Oktober 2022. -Palpos.id-Humas Polres Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Tiga dari empat orang komplotan pencuri di Minimarket Waralaba (Indomaret dan Alfamart) dari Palembang tertangkap di Kota Lubuklinggau.

Ketiganya  Noviansyah alias Febri (41) warga Jalan Aiptu Wahab, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Feni Aliani (35), warga Jakabaring, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, dan Ririn (25), warga Kertapati, Palembang. Sedangkan satu lainnya Oci (berhasil kabur).

Komplotan pencuri di Minimarket Waralaba ini berhasil diamankan warga dan pegawai Indomaret, usai kepergok melakukan aksinya di Indomaret Margamulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan, Selasa 04 Oktober 2022, sekitar pukul 10.15 WIB.

BACA JUGA:Tersangka Pencurian Diringkus depan Kosan di Prabumulih

Informasi yang dihimpun dilapangan menyebutkan terungkapnya kejadian tersebut berawal dari aksi mereka di Indomaret di depan eks Kompi, Kelurahan Taba Pingin, Kecamatan Lubuklinggau Timur, sekitar pukul 09.41 WIB.

Saat itu komplotan pencuri ini mengendarai mobil Avanza warna putih, BG 1694 IV, mampir di Indomaret depan eks Kompi.

Setelah mobil terparkir di depan Indomaret dengan posisi pintu belakang menghadap Indomaret atau pintu depan menghadap jalan, keluar dua orang salah satunya menggendong anak dari dalam mobil dan masuk ke Indomaret.

Tidak berapa lama mereka keluar, dan turun lagi satu orang. Mereka bergantian masuk, kemudian keluar juga tanpa membayar sesuatu di kasir.

BACA JUGA:Motif Ekonomi, Dua Pencuri Getah Karet di OI Berakhir Masuk Bui

Afri (pegawai Indomaret) curiga, karena sempat melihat salah satu dari mereka yang belakangan diketahui bernama Feni Aliani, menunduk di rak bagian susu.

Kemudian dia keliling kembali ke bagian rak lainnya. Namun saat keluar, Feni tidak mampir ke kasir untuk membayar barang yang diambil. Sebaliknya Feni keluar tanpa barang melalui kasir.

"Waktu itu mereka tiga orang, yang satu bawa anak dan satu pakai kerudung, yang baw anak tidak ambil apa-apa, yang pakai kerudung ambil susu terus keluar masuk lagi temannya yang pakai baju hitam ngambil CD (pakai dalam pria), terus keluar juga tidak bayar apapun dikasih," ungkap Afri.

Karena curiga, Afri berinisiatif mengecek CCTV dan ternyata benar komplotan pencuri ini telah mencuri beberapa kotak susu dan CD pria.

BACA JUGA:Asyik Nongkrong di Tugu Pasar Tanjung Enim, Pencuri Pagar Mess PTBA Dibekuk

Karena sudah tahu modus dan aksi komplotan pencuri Minimarket Waralaba ini tidak hanya beraksi di satu minimarket, Afri, langsung menghubungi pegawai Indomaret lain yang kebetulan adiknya.

"Waktu liat CCTV benar mereka mencuri, saya langsung telp pegawai Indomaret Marga Mulya, kebetulan yang masuk shift pagi adek aku, aku kasih tahu dia agar hati-hati sama komplotan pencuri yang menggunakan mobil Avanza Putih," katanya.

Saat itu lanjut Apri, adiknya sempat menanyakan plat mobil dari para pelaku. Namun karena di monitor plat mobilnya kabur jadi tidak terbaca.

Tidak berapa lama, sekitar pukul 10.15 WIB, ternyata benar komplotan mereka beraksi di Indomaret Margamulya. Disini mereka kembali mencuri beberapa kotak susu dan Shampo.

BACA JUGA:Polisi Bekuk Dua Penjaga Parkir Pencuri Dinamo AC

Tapi kali ini, aksi  mereka tidak berjalan mulus. Karena pegawai Indomaret yang sudah siaga menyambut kedatangan mereka, berhasil melompat ke belakang mobil yang digunakan komplotan pelaku dan diikuti pegawai dan warga lainnya mengejar dan menghadang mobil mereka.

Namun salah satu pelaku rupanya berhasil meloloskan diri dari penyergapan pegawai Indomaret dan warga sekitar.

Sementara itu, informasi lainnya menyebutkan bahwa komplotan tersangka tidak hanya beraksi di dua minimarket itu saja. Namun mereka juga beraksi di sejumlah minimarket lainnya yang ada di Kota Lubuklinggau.

"Mereka ini keliling, mulai dari Jalan A Yani, sampai Yos Sudarso, di Alfamart saja ada enam toko," kata pegawai Alfamart yang enggan menyebutkan namanya.

BACA JUGA:Komplotan Pencuri Trafo Listrik PLN Lintas Provinsi Diciduk Polisi

Pantauan Palpos.id, belasan pegawai Indomaret dan Alfamart berkumpul di Mapolres Lubuklinggau untuk melaporkan dan meberikan kesaksian atas aksi komplotan tersebut.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi, melalui Kasat Reskrim, AKP Robi Sugara, didampingi Kanit Pidum, Ipda Jemmy A Gumael, membenarkan kejadian itu. "Saat ini ketiganya sedang dalam pemeriksaan," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: