Pemkab OI Budidayakan Udang Satang karena Populasi Menurun

Pemkab OI Budidayakan Udang Satang karena Populasi Menurun

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten OI Bustanul Arifin Ketika Melihat Benih Bibit Udang Satang, Kamis 06 Oktober 2022. -Palpos.id-

INDRALAYA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir melalui Dinas Perikanan, saat ini mulai membudidayakan udang satang.

Selain mudah, potensi udang satang sangat baik dan diprediksi mampu menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Budidaya udang satang tersebut dilakukan di Balai Benih Ikan (BBI) Ogan Ilir di Desa Pering, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir.

Kepala Dinas Perikanan Ogan Ilir, Bustanul Arifin mengatakan, dipilihnya udang satang sebagai target budidaya selanjutnya.

BACA JUGA:588 Calon Kades di Ogan Ilir Deklarasikan Diri Siap Kalah dan Siap Menerima Kekalahan

Lantaran udang satang memiliki nilai jual yang tinggi. Saat ini populasinya sudah mulai menurun.

"Ya, udang satang saat menjadi dasar utama dan menjadi target unggulan. Populasi udang satang sudah menurun. Dan berangkat dari situ kita coba budidaya udang satang," bebernya, Kamis 06 Oktober 2022.

Ia menambahkan, udang satang menjadi salah satu jenis unggulan yang dibudidayakan dengan konsep.

Dimana BBI Ogan Ilir menjadi tempat pemijahan. Dan selanjutnya bibit akan disebar ke sungai, agar populasinya terus berkembang.

BACA JUGA:Pemilik Gudang BBM Ilegal di Ogan Ilir yang Terbakar Warga Sipil Dikabarkan Akan Menyerahkan Diri

"Tentu ini juga bisa menjadi PAD bagi Ogan Ilir. Saya yakin, jika dibudidaya dengan baik, akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa," katanya.

Lanjut Bustanul, selain itu juga bisa menjadi suport kepada masyarakat. Dimana tidak hanya ikan yang menjadi budidaya tujuan. Namun udang satang juga memiliki potensi dan sangat menghasilkan kedepannya.

"Prospek bisnis tinggi pasar luas dan persaingan penjualan sedikit. Saat inipun penghasil udang minim,” ungkapnya.

‘’Kita akan arahkan budidaya udang benih dari sini dan bisa dibesarkan sebagai bentuk peningkatan perekonokian masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:Aplikasi E-Office Integrasikan Birograsi dan Administarasi di Ogan Ilir

‘’Jangan hanya orientasi pada ikan lele, toman dan lain-lian. Saya juga bertekad kedepan Ogan Ilir menjadi populasi ikan dan udang tertinggi di Indonesia," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: