Jalan Cor Batukuning Kabupaten OKU Diusulkan Jadi Jalan Nasional

Jalan Cor Batukuning Kabupaten OKU Diusulkan Jadi Jalan Nasional

Kondisi jalan cor beton Batukuning penghubung Kota Baturaja, Kabupaten OKU dengan Prabumulih, kini dalam kondisi rusak parah, Kamis 06 Oktober 2022. -Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Status Jalan Letkol Mahmud Abu Hasan atau dikenal dengan jalan cor Batukuning, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Saat ini diusulkan menjadi jalan nasional karena kerusakan terjadi cukup parah sehingga membutuhkan dana yang besar untuk perbaikan.

"Semula jalur ini merupakan jalan milik provinsi, namun kami usulkan statusnya menjadi jalan nasional," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten OKU, Candra Dewana, Kamis 06 Oktober 2022.

Candra menjelaskan, usulan perubahan status tersebut atas arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengingat di sejumlah titik ruas jalan cor beton yang menjadi jalur alternatif Kota Baturaja-Prabumulih ini mengalami kerusakan yang sangat parah.

BACA JUGA:Kejari OKU Proses Berkas Kasus Dugaan Korupsi Program Serasi

Bahkan, hampir di sepanjang ruas jalan banyak terdapat lubang berukuran besar yang membahayakan pengguna jalan saat melintas di jalur tersebut.

Kerusakan jalan tersebut diakibatkan oleh kendaraan bertonase besar melebihi kapasitas yang sering melintas di jalur tersebut.

"Tonase kendaraan yang melintas sudah tidak sesuai lagi dengan kapasitas jalan itu," ujarnya.

Untuk melakukan perbaikan, kata dia, membutuhkan anggaran yang sangat besar sehingga lebih maksimal jika jalan tersebut diambil alih oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA:JBI OKU Rehabilitasi Kawasan Hutan dan DAS dengan Kearifan Lokal

"Usulan sudah kami sampaikan ke pihak provinsi, tinggal nanti dari provinsi yang mengusulkan ke pemerintah pusat agar jalan cor Batukuning segera diperbaiki," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat Jalan Lingkar Batukuning di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU yang dibangun diera Bupati OKU Eddy Yusuf itu kini rusak parah banyak terdapat lobang dan berlumpur.

Edo, salah seorang warga Baturaja mengungkapkan bahwa kerusakan pada jalan tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir tanpa adanya perbaikan dari pihak terkait.

Hampir setiap ruas jalan lintas provinsi tersebut terdapat lubang berukuran besar sehingga membahayakan para pengguna jalan.

BACA JUGA:Kejari OKU Eksekusi Uang Rampasan dan Denda Kasus Korupsi

Bahkan, kata dia, akibat kondisi jalan provinsi yang hancur tersebut tidak sedikit kendaraan roda dua dan empat yang terperosok ke dalam lubang jalan hingga menimbulkan kecelakaan.

"Karena saat hujan lubang jalan tertutup genangan air sehingga banyak kendaraan berukuran besar yang terbalik," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: