Palembang Siagakan Pompa Mobile Atasi Banjir

Palembang Siagakan Pompa Mobile Atasi Banjir

Wako Palembang, H Harnojoyo meninjau pasukan siaga banjir saat apel siaga di Rumah Pompa Bendung, Jumat (7/10).Foto:Erika/Palpos.id--

PALEMBANG,PALPOS,ID-Pemerintah Kota Palembang menggelar  

apel pasukan siaga banjir di rumah Pompa Bendung, Jumat (7/10). Apel gelar pasukan siaga banjir dipimpin Walikota Palembang H Harnojoyo.

 

Harnojoyo mengatakan, sebagaimana diketahui di bulan Oktober ini hujan di Palembang melebihi dari normal. Bahkan, menurut prediksi dari BMKG ini harus diantisipasi. Mudah-mudahan tanggal 5 kemarin itu puncak hujan di bulan Oktober. 

 

"Intensitas hujan pada 5 Oktober lalu, itu termasuk yang cukup besar. Jadi harus kita antisipasi dan evaluasi hal-hal yang akan terjadi dengan pompa mobile," ujarnya.

 

Menurutnya, sistem pengendali banjir di pompa Bendung ini sudah lumayan baik, dengan kecepatan pompa

36.000 liter per detik. Kemudian dengan ada 47 kolam retensi itu sudah lumayan baik penanggulangan banjir di Palembang.

 

"Tapi ini karena elevasi kota ketinggian Sungai Musi dengan di pangkal muara sungai Musi di Talang Aman itu hanya beda 40 cm. Tentu ini terjadi perlambatan air untuk turun," katanya.

 

Selain itu, lanjut Harnojoyo, ada beberapa jembatan yang menjadi penyempitan sehingga terhalang. Kemudian juga sedimentasi yang terjadi di sungai. Sehingga kapasitas sungai ini tidak mampu untuk menampung. "Inilah yang menjadi tidak lanjuti, dan harus kita evaluasi, apa yang harus dikerjakan secepatnya," ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: