Hotel Harper Disebut Penyebab Banjir di Jalan R Soekamto Palembang

Hotel Harper Disebut Penyebab Banjir di Jalan R Soekamto Palembang

Wawako Palembang Fitrianti Agustinda saat mengecek banjir di Kecamatan Kemuning, Sabtu 08 Oktober 2022. -Palpos.id-Sumeks.co

PALEMBANG, PALPOS.ID – Belum adanya saluran air atau drainase yang memadai yang dijanjikan manajemen Hotel Harper, hingga menyebabkan banjir di Jalan R Soekamto Kecamatan Kemuning Kota Palembang.

Bahkan, warga terang-terangan menuding saluran drainase yang ada selama ini malah terganggung oleh bangunan Hotel Harper tersebut.

Kelurahan sejumlah warga tentang keberadaan Hotel Harper menyebabkan banjir itu, ditegaskan Wawako Palembang Fitrianti Agustinda, Sabtu 08 Oktober 2022.

Wawako Fitri mengaku saluran drainase terganggu oleh bangunan Hotel Harper Palembang.

BACA JUGA:Palembang Siagakan Pompa Mobile Atasi Banjir

Menurut Fitri, warga merasakan banjir disana, sejak ada pembangunan hotel di Jalan R Soekamto tersebut.

‘’Ya itu, karena saluran belum terfasilitasi dengan baik. Dan juga pohon-pohon menutupi gang yang berada di permukiman warga," kata Fitrianti Agustinda usai meninjau Jalan Pelita Lorong Ali Akib Kecamatan Kemuning.

Fitri menjelaskan, terdapat beberapa perjanjian kemarin yang ia dengarkan dari warga setempat, bahwa akan dibangunkan saluran yang memadai.

"Sehingga aliran air dapat mengalir dengan lancar dan terkontrol tidak sampai ke pemukiman," jelasnya.

BACA JUGA:Tinjau Lokasi Banjir, Harno : Akan Evaluasi Lagi Aliran Sungai Bendung

Lanjut Fitrianti Agustinda, ia telah memanggil manajemen Hotel Harper Palembang, berharap disambut dengan itikad baik dan musyawarah.

"Kita sudah panggil perwakilan Hotel Harper, kita berikan waktu satu minggu untuk mereka,” ungkapnya.

Jika dalam satu minggu tidak ada itikad baik untuk duduk diskusi bersama dengan Pemkot Palembang dan warga sekitar guna membahas masalah banjir, kita akan datang dengan dinas terkait.

‘’Datang dengan dinas terkait itu untuk membicarakan saluran, dan lingkungan yang ada," ucapnya.

BACA JUGA:Ada Pedagang Dogan Mengais Rezeki di Balik Banjir yang Menggenangi Kota Palembang

Wawako Fitri mengaku, Hotel Harper Palembang juga sudah menyampaikan kepada Pemkot Palembang bahwa curah hujan yang cukup tinggi, Harper juga terkena musibah banjir.

"Maka itu kita ajak duduk bersama untuk mencari solusi bersama, jadi agar di kawasan Harper dan lingkungan warga sekitar dapat bebas banjir, asalkan dapat musyawarah," tuturnya.

Selain itu, saat Fitrianti Agustinda meninjau telah melakukan pembongkaran drainase di sebelah halte kawasan Hotel Harper Palembang.

"Kita juga sempat membongkar drainase di sebelah halte kawasan Harper karena dibawah halte terdapat sampah yang cukup dalam karena jika petugas masuk kedalam itu dapat kehilangan nafas, maka itu kita melakukan pembongkaran agar sampah tidak menumpuk di sana di sepanjang Jalan R Sukamto," tukasnya.

BACA JUGA:Hujan Semalaman, Palembang Dikepung Banjir

Fitrianti Agustinda berharap agar kondisi saluran air depan Hotel Harper dapat lebih lancar.

"Jangan sampai ada hambatan kesulitan membersihkan sampah, maka itu kita bongkar tepatnya di bawah halte di dekat Harper," tutupnya.

Sementara, warga di Jalan R Soekamto, Rusmi mengungkapkan setelah adanya pembangunan hotel besar di kawasan tersebut jadi mudah terkena banjir.

"Hujan lebat langsung banjir di sini, dan air juga lama surut karena minimnya saluran air di sekitaran jalan R Soekamto ini," tukasnya. (*)

Berita ini sudah terbit di Sumeks.co (Grup Palpos.id), dengan judul: https://sumeks.disway.id/read/646633/banjir-warga-salahkan-hotel-harper/15

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumeks.co