BPBD OKU Peringatkan Warga Waspada Dampak Cuaca Ekstrim

BPBD OKU Peringatkan Warga Waspada Dampak Cuaca Ekstrim

Manager Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA,PALPOS.ID- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memperingatkan warga di daerah itu agar waspada terhadap dampak cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana alam.

 

"Hal tersebut sejalan dengan peringatan dini yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Minggu 9 Oktober 2022," kata Manager Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi, Minggu (9/10).

 

Dia mengemukakan, berdasarkan peringatan dini dari BMKG, hujan sedang hingga lebat akan terjadi hampir di seluruh wilayah Sumatera Selatan, termasuk Kabupaten OKU selama beberapa pekan kedepan.

 

"Berdasarkan analisis itu bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Sumatera Selatan masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem," katanya.

 

Potensi cuaca ekstrem tersebut berdampak terjadinya bencana hidrometeorologi berupa banjir bandang, dan tanah longsor serta angin puting beliung.

 

Oleh sebab itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan mengingat potensi cuaca ekstrim pada periode sepekan ke depan sangat tinggi yang dapat menimbulkan bencana alam.

 

"Apalagi Kabupaten OKU ini memang termasuk daerah rawan terjadi bencana alam khususnya banjir dan tanah longsor saat musim hujan sehingga masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: