Tim Pengabdian FKM Unsri Ajak Warga Manfaatkan Sampah Plastik

Tim Pengabdian FKM Unsri Ajak Warga Manfaatkan Sampah Plastik

Tim Pengmas FKM Unsri, ibu-ibu PKK, kader dan masyarakat Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.---ist

PALEMBANG, PALPOS.ID – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya (Unsri) menyambangi warga Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (15/10). 

Pertemuan dengan warga Desa Ekowisata ini adalah untuk ketiga kalinya dalam gelaran kegiatan Pengmas bertema “Wujudkan Burai Sehat dengan Penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Bahagia yang berlangsung September – Oktober 2022.

Kali ini tim Pengmas FKM Unsri mengajak warga Kampung Warna Warni untuk memanfaatkan kembali sampah plastik menjadi barang kerajinan tangan. Ketua Tim Pengmas FKM Unsri Asmaripa Ainy, S.Si., M.Kes mengatakan, salah satu solusi mengurangi sampah plastik adalah dengan mendaur ulang atau mengelolanya kembali menjadi barang berguna. Kegiatan ini merupakan contoh upaya menjaga kesehatan lingkungan yang merupakan salah satu penerapan Germas Bahagia.

“Kantong kresek atau pipet plastik misalnya, bisa dimanfaatkan kembali menjadi bunga-bunga cantik yang bisa memperindah ruangan,” kata Asmaripa didampingi anggota Tim Pengmas Dr. Misnaniarti, S.KM., M.KM, Dr. Haerawati Idris, S.KM., M.Kes dan Dian Safriantini, S.KM., MPH.

Asmaripa menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan keterampilan warga terutama kaum ibu dalam memanfaatkan kembali sampah plastik. Dengan demikian permasalahan sampah plastik sedikit demi sedikit bisa teratasi.

Dalam kesempatan itu Tim Pengmas FKM Unsri juga memberikan buku saku yang berisi tentang apa yang dimaksud Germas Bahagia dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini diserahkan secara simbolis oleh Asmaripa kepada perwakilan warga. Selain itu juga dilakukan launching akun instagram Germas Bahagia sebagai media edukasi dan sosialisasi seputar info kesehatan.

Disisi lain, puluhan kaum ibu warga Desa Burai tampak antusias mengikuti kegiatan, yang juga diselingi dengan ice breaking yang dipandu dosen FKM Unsri Mesi Parlinda, S.Si., M.KM. Mereka dengan serius menyimak penjelasan yang disampaikan mahasiswa Tim Pengmas, saat mendemonstrasikan penggunaan kembali sampah plastik menjadi beraneka ragam bunga.

Bahkan beberapa diantara warga juga praktik langsung membuat bunga dari kantong kresek. Selain itu, para warga diajak bernyanyi lagu Germas Bahagia yang menambah semarak suasana acara.

Adapun para mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pengmas adalah Kaisa Davina Maharani, Trinita Ayuningtyas, Zahrah Fitri Inayah, Rizka Sri Rahayu, Maryam Hafizah, Lian Tarina, Terra Nandira dan Azzahra Rahmadini.(chy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: