Muara Enim Kembali Diguncang Gempa 4.2 SR

Muara Enim Kembali Diguncang Gempa 4.2 SR

--

MUARAENIM – Kabupaten Muaraenim mengalami guncangan akibat gempa berkuatan 4.2 skala richter. Guncangan gempa sangat terasa di Tanjung Enim dan sekitarnya.

''Saya kira apa, kok rumah bergoyang. Ternyata gempat bumi. Memang getarannya tidak terlalu kuat tapi cukup terasa. Kejadiannya sekitar pukul 21.00 WIB, tapi tidak berlangsung lama,'' ujar Yatimah, warga Karang Asem Kecamatan Lawang Kidul.

Senada dikatakan Tukiyem, warga Tegal Rejo. Menurutnya, getaran gempar sempat membangunkan tidurnya. Dia dan warga lain berharap tidak ada lagi gempa susulan.

Kalaksa BPBD Muara Enim H.Abdurrozieq Putra,S.T., M.T. mengatakan berdasarkan informasi yang kami terima dari BMKG Kotabumi Lampung Utara, bahwasanya beberapa kabupaten di Sumatera Selatan terkhusus kabupaten Muara Enim merupakan daerah yang berada di bukit barisan dan merupakan daerah lipatan dan patahan yang berpotensi terjadi sesar lokal.

 

‘’Untuk potensi gempa akan selalu ada. Gempa ini terjadi proses penyeimbangan pada sesar tengah,’’ ujarnya.

 

Diimbau kepada masyarakat untuk tidak panik. Informasi dari BMKG Kotabumi pada saat koordinasi di bulan lalu menyampaikan bahwa energi berupa gempa kecil yang terjadi.

‘’Hal tersebut lebih baik dibandingkan energinya tersimpan atau tertahan dan sudah terkumpul akan terlepas yang akan mengakibatkan gempa besar,’’ ungkapnya. (ozi)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: