DPD IMM Sumsel Nilai Rekrutmen Panwascam di Sumsel Kurang Transparan

DPD IMM Sumsel Nilai Rekrutmen Panwascam di Sumsel Kurang Transparan

Talk show politik yang digelar DPD IMM Sumsel di Guns Cafe Palembang, Sabtu (30/07). -Palpos.id-Humas DPD IMM Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID – Bawaslu Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Sumsel, sudah menggelar rangkaian penerimaan calon Panitia Pengawas Kecamatan atau Panwascam.

Kegiatan penerimaan Panwascam dengan agenda tes tertulis melalui CAT tersebut digelar pada 14-15 Oktober 2022.

Akan tetapi, rangkaian kegiatan penerimaan panwascam tersebut, dinilai kurang tranpasaran. Utamanya untuk pengumuman hasil nilai CAT itu sendiri.

Hal itu ditegaskan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumsel IMMawan Robiyatul Maulana SH, Rabu 19 Oktober 2022.

BACA JUGA:Bawaslu Sumsel Sebut 4 Racun Demokrasi Dalam Pemilu

Menurut pria yang akrab disapa Robi ini, pihaknya menilai kurang transparannya rekrutmen Panwascam itu, terutama terkait hasil atau nilai CAT.

‘’Tes tertulis itu dinilai banyak ganjalan. Karena peserta yang ikut tes Panwascam, ada yang mengetahui nilai dan ada yang tak tahu nilai tes keluar,” ungkap Robi, Rabu 19 Oktober 2022.

Seperti yang kita ketahui, sambung Robi, tes tertulis melalui CAT bukan hal yang baru. Karena mengingat setiap tes masuk PNS atau ASN saat ini sudah memakai metode CAT.

‘’Kalau kita berkaca dengan tes CAT yang dilaksanakan oleh BKN, sangat transparan," tegas Robi.

BACA JUGA:Ruang Kelas Digunakan Tes Panwascam Siswa SMPN 1 Tebing Tinggi Malah Belajar di Musala

''Karena setiap selesai tes, kita sudah mengetahui nilai. Bahkan, kita kita sdh mengetahui berdasarkan peringkat,” terang Robi.

Sedangkan tes tertulis CAT yang digelar Bawaslu Kabupaten atau Kota khususnya di Provinsi Sumsel sendiri, terkesan tidak transparan.

‘’Sebab setelah selesai tes, kita belum tahu hasil tes secara langsung tersebut. Dan nilai tes baru keluar beberapa hari kemudian,” beber Robi.

Untuk itu, tambah Robi, pihaknya meminta Bawaslu Sumsel, untuk memberikan keterangan secara konkret.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Bawaslu Prabumulih, Penyidik Kejari Geledah Gudang Arsip Bawaslu Sumsel

‘’Ya itu, Bawaslu Sumsel harus memberikan keterangan secara konkret terkait tes tertulis yang digelar Bawaslu Kabupaten Kota tersebut,” tambahnya. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas dpd imm sumsel