Komunitas Aksara Ulu Gelar Pameran Batik Ulu Khas Sumsel

Komunitas Aksara Ulu Gelar Pameran Batik Ulu Khas Sumsel

Suasana pameran sekaligus launching Batik Aksara Ulu Khas Sumsel.Foto:Tia/Palpos.id--

PALEMBANG, PALPOS.ID,-Perkumpulan Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan melaunching sekaligus menggelar pameran Produk Sandang Batik Ulu Sumsel berbahan alami di Bukit Siguntang Palembang pada, Minggu (23/10).

 

Acara dibuka langsung oleh staf ahli pemerintah bidang, hukum dan politik, Provinsi Sumsel Dr. Ir. H Firmansyah, M.Sc serta jajaran terkait lainnya. Acara dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti fashion show, tari dan diskusi bersama.

 

"Kita berharap aksara ulu yang dibuat dalam bentuk sandang ini dapat menjadi pakaian wajib di Sumsel, karena ini bersumber dari budaya Sumsel sendiri. Dan apalagi ini menggunakan material ramah lingkungan dan kami sangat suport sekali," ujar Firmansyah pada awak media.

 

Selain itu, dirinya mengatakan jika aksara ulu juga sudah menjadi pakai batik yang wajib dikenakan di jajaran pemerintah terutama untuk badge nama.

 

"Kan kalau di Sumsel terutama di Pemerintahan sudah menjadi kewajiban menggunakan pakaian tradisional, terus juga badge name sudah pakai aksara ulu," katanya.

 

Dirinya menuturkan, pagelaran tersebut sangat bagus diadakan karena sekaligus untuk memperkenalkan masyarakat jika aksara ulu ini juga termasuk warisan Sumsel.

 

"Jadi kegiatan resmi kalau memakai pakaian tradisional, kain aksara ulu ini juga bisa dipakai untuk acara-acara. Dan ini juga jadi salah satu cara agar aksara ulu dapat lebih dikenal masyarakat khususnya di Sumsel, karena aksara ulu ini juga kan warisan Sumsel," tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: