Sempat Bentrok, Warga Desa Lingga Tutup Akses Tambang PTBA

Sempat Bentrok, Warga Desa Lingga Tutup Akses Tambang PTBA

Ratusan masyarakat Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul menututup akses jalan masuk di pintu masuk area Banko Barat Desa Lingga.Foto:Febi/Palpos.id--

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Ratusan masyarakat Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, melakukan aksi demo dan mengblokade akses jalan masuk di pintu masuk area Banko Barat Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Selasa (25/10).

 

Pantauan di lapangan, aksi demo warga Desa Lingga tersebut berlangsung dari pukul 06.00 WIB, dengan menggunakan ratusan kendaraan roda dua dan empat. Mereka membawa sound system dan membentangkan 13 spanduk yang bertuliskan tentang tuntutan mereka kepada PTBA.

 

Dalam aksi tersebut mendapatkan pengawalan ketat sekitar 300 personil keamanan, baik dari TNI, Polri dan security PTBA sendiri. Pada awal aksi demo sempat ada insiden bentrokan antara massa pendemo dengan aparat keamanan, namun cepat diatasi sehingga tidak sempat meluas.

 

Setelah ditunggu hingga pukul 08.30 WIB. Belum ada satupun pejabat PTBA maupun Pemerintah Desa Lingga dan Kecamatan Lawang Kidul yang berkompeten menemui massa, sehingga warga melakukan aksi duduk di akses jalan keluar masuk Tambang PTBA sehingga hanya kendaraan akses keluar yang diperbolehkan.

 

Sedangkan yang masuk tidak diperbolehkan sama sekali kecuali kendaraan yang membawa catering dan bahan peledak. 

 

Setelah empat jam menunggu, tepatnya pukul 10.00 WIB, aksi demo membubarkan diri setelah perwakilan manajemen PTBA Kanthi Miarso yang menjabat sebagai Ahli Produksi datang mendengarkan keluhan dan unek-unek massa yang diwakili oleh Ketua Tim Demo Amat Nangwi Cs. 

 

Dari mediasi tersebut akhirnya disepakati akan ada pertemuan tanggal 10 September 2022 di kantor PTBA untuk membahas permasalahan yang menjadi tuntutan masyarakat Desa Lingga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: