Tahun Ini, Dispertanikan Buka Lahan Sawah Seluas 90 Haktar

Tahun Ini, Dispertanikan Buka Lahan Sawah Seluas 90 Haktar

Ade Mery.Foto:Alam/Palpos.id--

MURATARA, PALPOS.ID - Untuk memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Muratara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Disertanikan) tahun ini menganggarkan pembukaan lahan sawah seluas 90 haktar. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dispertanikan Ade Mery, Selasa (25/10).

 

Ia menjelaskan, kalau untuk memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Muratara harus mememiiki luas lahan sebanyak 5700 haktar. Sedangkan luas lahan yang sudah produktif sekarang baru 2200 haktar. Artinya dari jumlah itu masih kekurangan lahan 3500 haktar.

 

"Ya sekarang masih kekurangan luas lahan persawahan, menyikapi hal itu kita selalu berupaya membuka atau memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan persawahan. Agar bisa memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Muratara," jelasnya.

 

Ia mengatakan, sekarang petani di Muratara setiap tahunnya hanya bisa produksi beras kurang lebih 9,235 ribu ton pertahun. Sedangkan untuk kebutuhan beras sendiri 18,500 ribu ton.

 

"Menyiasati kekurangan tersebut secara bertahap kita membuka lahan persawahan, mengingat kondisi anggaran yang tidak memungkinkan membuka lahan secara besar besaran," katanya.

 

Lebih lanjut ia menguraikan bahwa untuk di Kabupaten Muratara sendiri area persawahan yang paling luas di Kecamatan Rawas Ilir seperti di Desa Pauh, Pauh I dan Desa Batu Kucing.

 

Namun, masih kata Ade kendala disana tidak bisa melakukan cocok tanam tiga kali atau dua kali dalam satu tahun karena area persawahan rawa lebak dan hanya bisa menanam satu kali dalam setahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: