Bersihkan Lumpur Setebal 3 Meter di Bak Sendimentasi

Bersihkan Lumpur Setebal 3 Meter di Bak Sendimentasi

Para personel produksi PDAM OKU saat berjibaku memberihkan lumpur di bak sendimentasi, Rabu 26 Oktober 2022. -Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Belasan personil produksi PDAM OKU tampak berjibaku membersihkan endapan lumpur setinggi 3 meter di bak sendimentasi yang ada di kantor pusat BUMD itu, Rabu 26 Oktober 2022.

Pembersihan dengan cara keroyokan itu dilakukan untuk mempercepat proses pengurasan. Apalagi salah satu bak pengolahan sudah satu tahun belum dibersihkan.

Sementara produksi air tetap berjalan setiap hari, dengan kondisi air baku yang dominan keruh. 

"Idealnya satu tahun tiga kali atau dua kali. Namun karena ada kendala, baru sekarang bisa dilakukan, " ujar Direktur PDAM OKU, H Abi Kusno melalui Kabag Tehnik, Asril HT,  saat dibincangi, Rabu 26 Oktober 2022.

BACA JUGA:25 Oktober 2022 Operasional PDAM OKU Akan Terhenti

Pantauan di lokasi pembersihan, lumpur halus yang lolos dari pengolahan awal, bertumpuk setebal 3 meter. 

Petugas pembersih terpaksa menggunakan tongkat panjang dan semprotan air, untuk memecah lumpur. "Produksi dan distribusi masih berjalan. Tapi tidak normal. Jadi tidak dipadamkan total, " katanya. 

Pengurasan bak pengendapan kata Asril, merupakan lanjutan pembersihan yang dilakukan beberapa hari lalu. Bak pra sendimentasi lebih awal dibersihkan, agar gangguan tidak lama. 

Untuk diketahui ada 16 daerah yang terdampak pengerjaan rutin. Diantaranya Jalan Ir Sutami, Kemarung, Hos Cokroaminoto, Akmal Pasar Atas, Tangsi, Darmo Sugondo.

BACA JUGA:PDAM OKU Kerahkan Puluhan Petugas Perbaiki Pipa Bocor

Kemudian, Jalan Dr Sutomo, Cemara, Gudang Garam, Tamkot, Pasar Tugu, Dubara, A Rivai, Pasar Lama, Kertapati dan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: