39 Anggota Panwascam di OKU Resmi Dilantik

39 Anggota Panwascam di OKU Resmi Dilantik

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya saat mengambil sumpah jabatan 39 Panwascam di wilayahnya.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Ketua Bawaslu Kabupaten OKU, Dewantara Jaya, Jumat (28/10), secara resmi melantik 39 anggota Panwascam di wilayahnya. Pelantikan itu sendiri berlangsung di aula Hotel BIL Baturaja.

 

Turut hadir pada acara itu, Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, Ketua KPU OKU Naning Wijaya, serta sejumlah kepala OPD lainnya di lingkungan Pemkab OKU.

 

Dewantara mengatakan, pembentukan Panwascam ini sesuai dengan aturan undang-undang. Dimana 39 orang Panwascam yang dilantik hari ini merupakan peserta yang lolos dalam seleksi Panwascam yang sangat ketat yakni seleksi Administrasi, Seleksi CAT dan Wawancara.

 

“Seleksi CAT ini model baru perekrutan Panwascam, CAT tahun lalu diakumulasi dengan wawancara. Namun kali ini dilakukan sistem gugur diambil 6 orang untuk seleksi wawancara, dan hasilnya yang lolos 3 orang,” kata Dewantara.

 

Selepas pelantikan dan pembekalan ini Dewantara berpesan agar anggota Panwascam dapat melakukan koordinasi dengan seluruh unsur kecamatan seperti Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan unsur lainnya. “Mata dan kaki kita ini adalah masyarakat, jadi lakukan koordinasi secepatnya, dan tetap jaga solidaritas,” pesannya.

 

Saat ini dikatakan Dewantara, KPU OKU tengah melakukan Verifikasi Parpol, untuk itu ia meminta Panwascam untuk melakukan pendampingan hal tersebut. 

 

Selain itu Panwascam juga diminta untuk memetakan daerahnya dan berkoordinasi dengan KPU OKU. “Nanti akan dibuatkan surat tugas pendampingan Verifikasi Parpol. Ingat jangan takut apapun yang dilakukan Panwascam, tanggungjawab dari Bawaslu. Namun harus sesuai aturan. Modal utama kita yaitu PKPU, Perbawaslu dan aturan,” tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: