Pembukaan MTQ ke-38 Berlangsung Meriah dan Khidmat

Pembukaan MTQ ke-38 Berlangsung Meriah dan Khidmat

Simbolis pemukulan beduk tanda resmi dibukanya MTQ ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim. Foto: ist--

MUARA ENIM, PALPOS.ID – Musabagoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2022, berlangsung meriah dan Khidmat. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26-30 Oktober 2022 tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi dilapangan Desa Dangku, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kabupaten Muara Enim, Kamis (27/10).

 
Pj Bupati Kurniawan AP MSi memberikan arahan pada pembukaan MTQ Ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim di Kecamatan Empat Petulai Dangku. (Foto: ist)--

Pj Bupati Muara Enim yang hadir didampingi Kepala Kemenag Muara Enim Drs H Azhari Rahardi MSi dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari SSTP MSi, Kapolsek Rambang Dangku AKP Faizal mewakili Kapolres Muara Enim, Kasdim 0404/Muara Enim Mayor CHB Jauhari, Camat Empat Petulai Dangku Arman Sarijaya dan ratusan peserta MTQ ke-38 se-Kabupaten Muara Enim.

Pembukaan MTQ Ke-38 berlangsung meriah dengan penampilan parade defile peserta Kafilah dari 22 Kecamatan Kabupaten Muara Enim. Adapun MTQ Ke-38 ini memperlombakan 7 cabang dengan 23 tangkat perlombaan seperti tilawah, tartil dan tahfidz untuk kelompok anak, remaja, dewasa dan cacat netra.


Prosesi pelantikan dewan hakim. Foto: Ist--

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan mengajak seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang, khususnya umat muslim agar senantiasa mencintai dan mempelajari Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

MTQ ke-38 dilangusngkan di Kecamatan Empat Petulai Dangku sebagai tuan rumah diharapkan menjadi momentum untuk menjadikan Al-Quran sebagai pedoman untuk menuju Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera (Merakyat).


Penyerahan penghargaan kepada tokoh masyarakat atas gagasan setempat pemekaran Kecamatan Empat Petulai Dangku. Foto: Ist--

 “Sesuai tema MTQ Ke-38 ini, kita wujudkan SDM yang berkualitas, profesional dan manjadikan Al-Quran sebagai pedoman untuk menuju Kabupaten Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera (Merakyat),” kata Kurniawan.

Lebih lanjut, Kurniawan bahwa Pemerintah Kabupaten Muara Enim berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Alquran. Al-Qur’an sebagai sumber dari segala sumber hukum dan sumber ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji.

 
Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim turut hadir pada pembukaan MTQ Ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim. Foto: Ist--

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Muara Enim memandang bahwa keluhuran ajaran Al-qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup manusia perlu dikembangkan melalui proses pendidikan, baik secara formal maupun nonformal.

Untuk mendukung hal tersebut, dirinya menjelaskan Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah meluncurkan program Khotmil Qur’an yang diikuti oleh Pelajar SD, SMP sederajat, termasuk guru, staf dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se-Kabupaten Muara Enim.

 
Suasana pembukaan MTQ Ke-38 di Kecamatan Empat Petulai Dangku. Foto: Ist--

Pelaksanaan MTQ ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2022 ini, lanjut Kurniawan, mempunyai peran penting dalam proses pembinaan dan penyeleksian para kafilah Bumi Serasan Sekundang untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) dan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Selatan mendatang.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekaundang ini, mengajak untuk memperbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi karena nantinya diharapkan para kafilah kita mampu berlomba dengan kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lainnya.


Pj Bupati didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim foto bersama. Foto: Ist--

Kepada seluruh peserta kafilah, Pj.Bupati menyampaikan selamat bermusabaqah dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta, pelatih dan official dari seluruh kecamatan, serta semua pihak dan stakeholder yang telah ikut serta berpartisipasi.

 “Mari berkompetisi secara baik dan jujur dengan tetap mengedepankan sportivitas dan ukhuwah Islamiah. Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Empat Petulai Dangku saya ucapkan selamat dan terima kasih telah menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim kali. Mari bersama kita bangun Kabupaten Muara Enim yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur,” pungkasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: