Door To Door Sosialisasikan KTP Digital

Door To Door Sosialisasikan KTP Digital

Salah satu pegawai Disdukcapil menujukkan aplikasi KTP Digital.Foto:Prabu/Palpos.id--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Sejak beberapa bulan terakhir Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Prabumulih, gencar mensosialisasikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital.

 

“Untuk tahap awal ini kita gencar mensosialisasikan melalui media sosial dan juga door to door (turun ke lapangan),” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kota Prabumulih, Haryadi Kori SH, ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (01/11).

 

Namun untuk tahap awal ini sambung Haryadi, pihaknya mengutamakan mensosialisasikan KTP Digital bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Diutamakan pegawai dulu, karena pegawai-pegawai ini memiliki HP android yang merupakan syarat utama pembuatan KTP digital dan juga faktor sering tugas luar,” ujarnya.

 

Lebih lanjut Haryadi menjelaskan, untuk pembuatan KTP digital caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore.

 

“Selanjutnya isi form yang ada yaitu NIK (Nomor Induk Kependudukan), email terus no HP lalu foto selfie. Setelah itu, disdukcapil akan memverifikasi itu yang bersangkutan meminta kode barkode ke kami (Ke disdukcapil) untuk menjaga kerahasiaan data nanti akan ada kode melalui email untuk membuka aplikasi melalui HP,” bebernya.

 

Lebih lanjut Haryadi Kori menuturkan, dengan adanya KTP Digital ini mempermudah pihaknya pada saat kekosongan blangko e-KTP. “Jadi ini merupakan KTP resmi sama dengan E-KTP,” tegasnya seraya menuturkan kedepan KTP Digital dapat digunakan di bandara, stasiun maupun perbankan.

 

“Cukup discan bae, jadi tidak perlu lagi membawa E-KTP seperti saat ini. Cukup menunjukan aplikasi yang sudah ada di HP dan tinggal discan saja oleh petugasnya,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: