Muhammad Faisal Dea Resmi Dilantik sebagai Rektor UNISKI

Muhammad Faisal Dea Resmi Dilantik sebagai Rektor UNISKI

Ketua Dewan Pembina UNISKI, Ir. H. Ishak Mekky melantik Muhammad Faisal Dea sebagai rektor UNISKI, Sabtu (12/11)-foto : diansyah-palpos.id-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Prof Dr Ir H Muhammad Faisal Dea resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI) Periode 2022-2026 setelah dilantik oleh Ir H Ishak Mekki MM, Sabtu (12/11).

Di mana yang bersangkutan menggantikan rektor sebelumnya, Almarhum Dr Ir H Moh Rasyid Ridho MSi yang menghembuskan napas terakhirnya pada, Senin (19/09/2022) lalu. Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pelantikan untuk Dekan Perikanan yang dijabat oleh Dr Muslim SPI MSi.

Ir. H. Ishak Mekki, MM selaku Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Islam Bende Seguguk Kayuagung (YPIBSK) mengatakan, UNISKI berdiri sejak tahun 2007 lalu. Di mana dahulu masih berdiri di eks Kantor Bupati OKI lama milik Pemerintah Daerah OKI.

"Sekarang Alhamdulillah. Biarpun belum lengkap sepenuhnya, namun kita sudah bisa mendirikan kampus sendiri. Memang UNISKI ini dilihat dari tahun berdirinya sudah cukup lama, tapi masih banyak kekurang disana-sini," ungkapnya.

Ia menambahkan, baik itu soal penataan belajar mengajar, penataan keuangan, managemen, kemahasiswaan,  dan lain-lain. Dirinya yakin, dengan adanya rektor dan dekan baru serta dekan dan dosen lainnya akan mampu untuk terus berbenah dalam meningkatkan kualitas maupun sistem managemen perkampusan.

"Kami sangat bangga karena dipimpin oleh seorang profesor yang tentu sudah sangat berpengalaman, ini menambah nilai positif untuk kampus UNISKI. Selain itu, Prof Faisal sudah berpengalaman di kampus Universitas Sriwijaya, sehingga saya yakin dia mampu meningkat dan mensejajarkan dengan universitas-universitas lain di Sumsel," ujarnya.

Dikatakannya lagi, UNISKI bisa dikatakan sebagai kampus termurah se-Indonesia. Namun bukan berarti murahan, harus berkualitas dan mampu bersaing dengan kampus lain. Dengan harapan menurutnya, masyarakat OKI bisa terbantu dalam melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

"Dan harapan kita, nanti UNISKI bisa bekerja sama dengan Pemda OKI, entah itu penelitian atau bentuk lainnya. Pemda semestinya bisa memanfaatkan SDM UNISKI karena tidak semua kabupaten ada universitasnya. Sehingga sayang sekali, kalau tidak dimanfaatkan momentum dan kesempatan ini," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Dr Ir H Muhammad Faisal Dea menyampaikan, sesuai pembinaan dari Dewan Pembina Yayasan, bagaimana supaya kinerja dari UNISKI itu akan meningkat.

"Baik itu dari output maupun input sendiri. Memang itu dipengaruhi adanya In Put dari mahasiswa, kualitas dosen, dan juga prosesnya. Jadi proses ini juga akan menentukan," terangnya 

"Tadi dikatakan UNISKI ini ialah kampus termurah se-Indonesia. Namun, bukan berarti kita akan menyerah dengan kondisi seperti ini. Tapi kita harus meningkatkan melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas dari proses itu sendiri," terangnya.

Masih katanya, orientasi mereka terhadap pemanfaatan sumber daya yang ada. Dan menurutnya, dengan Pemda OKI, ini suatu kesempatan mereka ke depannya untuk bersinergi. 

"Artinya kita UNISKI itu adalah sebagai Problem Solver. Jadi menyelesaikan masalah khususnya di OKI dan bukan menjadi masalah. Dengan kinerja sepeti itu, kita ingin meningkatkan SDM, khususnya di OKI," jelasnya.

Kemudian dilanjutkannya, karena UNISKI merupakan Universitas Islam, berarti nuansa Islami itu harus menonjol. Jangan sampai nanti kita mendengar adanya, mahasiswa-mahasiswa diluar dari kaidah agam Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: