Jembatan Ampera Bakal Dipasang Lift

Jembatan Ampera Bakal Dipasang Lift

Satker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel Dicky Romansyah, saat diwawancarai pekan lalu. Foto :Sefty /Palpos.id --

Bisa Pandang Kota Palembang dari Atas Jembatan Ampera

PALEMBANG,PALPOS.ID- Jembatan Ampera saat ini sedang dilakukan revitalisasi. Menariknya Jembatan Ampera ini nantinya akan ada lift, yang bisa digunakan untuk naik ke atas jembatan. Sehingga bisa melihat pemandangan kota Palembang dari atas Jembatan Ampera.

Menurut Satker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel Dicky Romansyah, pembangunan lift ini dimaksudkan untuk wisata pandang di lantai atas Jembatan Ampera. Dengan ketinggian 50 meter.

"Masyarakat nantinya bisa melihat indahnya kota Palembang dari atas Jembatan Ampera. Dengan jumlah pengunjung yang mau naik ke atas diatur dan dibatasi jumlahnya," kata Dicky.

Tahun 2022 ini sesuai perencanaan pihaknya akan melaksanakan pemasangan satu lift pada menara sisi hilir, sedangkan untuk satunya lagi untuk menara sisi Ulu direncanakan tahun depan 

"Sebelum lift dipasang telah dipastikan dilakukan perkuatan struktur terlebih dahulu terhadap struktur bawah jembatan, struktur penunjang lift dan bagian lantai atas menara. Saat ini juga liftnya masih dalam proses persiapan pabrikasi, kalibrasi dan pengiriman. Kabarnya tanggal 18 Desember baru tiba di Palembang. Lalu proses pemasangannya sendiri memerlukan waktu dua minggu," terangnya.

Kemudian, setelah lift terpasang akan dilakukan proses setting, kelistrikan dan pengecekan comisioning terlebih dahulu. Rencananya lift ini akan siap dioperasikan Desember 2022 mendatang.

"Pembangunan lift Jembatan Ampera sudah melalui proses perencanaan oleh Satker P2JN  (Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional) dan melibatkan pembahasan, perhitungan dan pengkajian KKJTJ (Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan)," ungkapnya.

KKJTJ merupakan kumpulan para ahli jembatan baik dari unsur akademisi, praktisi, profesional, maupun birokrat yang bertugas melakukan evaluasi untuk keamanan jembatan dan terowongan jalan dari segi desain dan pelaksanaan konstruksi agar memenuhi standar yang berlaku.

Sudah dilakukan perhitungan dengan mempertimbangan berbagai aspek baik kekuatan struktur dan lain-lain.

"Sebelum dilakukan pemasangan lift dilakukan pengetesan, pengujian dan perkutan terlebih dahulu pada bagian-bagian tower dan struktur Jembatan Ampera," jelasnya lagi.

Lanjut Dicky, untuk proses revitalisasi Jembatan Ampera Palembang sudah dimulai sejak 1,5 bulan lalu secara bertahap termasuk dari pengerjaan dan pengadaan dana yang dibutuhkan. Sebab anggaran perbaikan berasal dari anggaran tahun 2022 dan anggaran tahun 2023.

"Sekarang proses pengerjaan sudah sampai di rehabilitasi ruangan di atas Jembatan Ampera dari anggaran tahun 2022 dan ruangan tersebut sudah dilakukan pembersihan dan pembongkaran plafon serta dilakukan pengecatan," tuturnya.

Ia juga menyatakan, adapun penggantian bagian baja  dengan struktur 345. Volumenya sekitar 4,5 ton dan sekarang sudah hampir selesai. Target keseluruhan selesai minggu pertama Desember mendatang," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: