Menang Satu Suara, Usman Resmi Jabat Kades Karang Sia

Menang Satu Suara, Usman Resmi Jabat Kades Karang Sia

Wabup OKI, HM Djakfar Shodiq saat melantik Kades Karangsia, Kecamatan Sungai Menang, Usman di RRBS II, Selasa, 15 November 2022. -Palpos.id-Humas Kominfo OKI

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Unggul satu suara dari lawannya Aziz nomor urut 01 yang mendapat suara 196.

Usman nomor urut 02 dengan perolehan suara 197 resmi menjabat Kades Karangsia, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten OKI.

Berdasarkan Pantauan Palpos.Id, pada hari ini, Selasa, 15 November 2022 dilakukan pelantikan untuk yang bersangkutan di Ruang Rapat Bende Seguguk (RRBS) II Pemkab OKI oleh Wabup OKI, HM Djakfar Shodiq.

Diwawancarai usai pelantikan, Wabup OKI, HM Djakfar Shodiq mengatakan, ini merupakan hasil pilkades serentak tanggal 12 Oktober 2021 lalu dan merupakan pelantikan yang terakhir.

BACA JUGA:Calon Kades Incumbent Dituding Tutup Jalan Karena Kalah Pilkades

"Makanya tadi saya sampaikan. Kenapa itu terakhir? bukan berarti itu masalah bagi saya. Tapi itu perlu penjelasan dengan jelas kehati-hatian kita juga.

Kalau sudah bisa diterima oleh masyarakat atau pun calon yang mencalonkan dahulu akan berjalan dengan kondusif," ungkapnya kepada awak media.

Ia menambahkan, apalah artinya kalau dilantik bersama-sama tapi belum kondusif. Dimana menurutnya, inilah salah satu bentuk bahwa sudah diterimanya oleh seluruh calon dan masyarakatnya.

"Nah untuk selisih, walau selisihnya satu dengan selisihnya banyak, itu bagi saya sama tinggal cara kita menerapkan.

BACA JUGA:Pilkades di Kabupaten OI ‘Dinodai’ Kasus Penusukan Antar Pendukung

Makanya saya pesan dengan Pak Kades, saya kasih gambaran seperti sepatu atau pacul, itu gambaran suatu filosofi-filosofi," ujarnya.

Dikatakannya lagi, dengan filosofi-filosofi itulah, dirinya berharap kades bisa kerjasama dengan masyarakat. Bahkan dia hampiri tokoh yang ikut dalam pelantikan untuk tolong mengawal kades karena masih muda.

Disinggung karena terjadi selisih paham di masyarakat lantaran selisih suara yang sedikit dan dalam satu tahun masalah ini berjalan? menurutnya, sebenarnya itu bukan masalah, tapi disitu perlu penjelasan satu persatu.

"Akhirnya dengan penjelasan satu persatu, dalam satu tahun ini sudah bisa menerima dengan lebih baik.

BACA JUGA:Panca: Percuma Pilkades Sukses Kalau Tidak Sesuai Aturan

Dengan menerima dengan baik, ini kurasa mungkin mudah juga untuk desanya. Kecuali waktu itu langsung dilantik, masih ada kendala-kendala," tuturnya.

Masih kata Shodiq, dia berharap untuk kades yang terpilih dan dilantik agar segera berkonsolidasi dengan masyarakat. Segera merapat dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, ajak membangun desanya agar bahagia dan sejahtera.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) OKI, Ari Mulawarman SSTP MM, juga berharap kades yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Karena amanah itu tidak hanya dipertangungjawabkan kepada masyarakat tetapi juga kepada tugas Yang Maha Esa. Yang terpenting jabatan enam tahun itu, pertanggungjawabannya sangat panjang," terangnya.

BACA JUGA:Setelah Pilkades Hapus Perbedaan dan Persaingan

Dalam kesempatan yang sama, Usman menuturkan, programnya setelah dilantik ini akan membangun jalan desanya yang kurang lebih panjangnya 1 KM. Dan juga menurutnya, ada jembatan yang belum dibeton.

"Karena jembatan yang pertama itu adalah dari swadaya masyarakat. Jadi, Insya Allah akan kita bangun beton, dan juga masalah bantuan pemerintah akan kita salurkan secara terbuka," jelasnya.

Lebih lanjut, nanti mereka tentu juga akan berkomunikasi dengan pihak lawannya nomor urut 01. Insya Allah menurutnya, hubungan mereka akan baik dan mereka akan bermusyawarah dalam mengembangkan desa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas kominfo oki