Temui Wamentan RI, Ridho Bahas Pengembangan Serat Nanas

Temui Wamentan RI, Ridho Bahas Pengembangan Serat Nanas

Caption : Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM saat audiensi dengan Wamentan RI, di kantor Kementan RI di Jakarta, Rabu (16/11). Foto : Kominfo Prabumulih--

JAKARTA,PALPOS.ID - Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM melakukan audiensi (pertemuan) dengan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi, di kantor Kementan RI, Rabu (16/11).

 

Dalam pertemuan itu, Ridho Yahya yang merupakan seorang insinyur pertanian menyampaikan tentang pengelolaan nanas di Kota Prabumulih mulai dari hulu (budi daya) sampai hilir (pengelolaan pasca panen).

 

“Dalam audiensi tersebut banyak yang dibicarakan khususnya untuk bidang pertanian, pak walikota menyampaikan program serat nanas yang sudah di ekspor ke PT Nex tevo Singapura,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih, Drs Mulyadi Musa MSi.

 

Selain itu sambung Mulyadi, Walikota Prabumulih juga membeberkan tentang pengolahan buah nanas pasca panen yang tidak hanya dibuat untuk selai atau kue saja tapi juga diolah menjadi bahan pewarna kain jemputan, benang serat nanas serta limbah dari daun serat nanas bisa untuk makan ternak sapi dan lain-lain.

 

“Kepada wamentan pak walikota menegaskan, Pemerintah Kota Prabumulih berupaya semaksimal mungkin agar keberlangsungan produksi serat nanas dan juga kualitas yang dihasilkan, dapat bersifat kontinu (berkelanjutan) juga meningkatkan kesejahteraan petani nanas. Tidak hanya menjual buahnya, tetapi juga serat nanas,” bebernya.

 

Sementara itu, Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi berharap agar pemerintah Kota Prabumulih dalam upaya pengelolaan nanas melakukan pengembangan di hulu hingga hilir.

“Ia (Wamentan, red) juga berharap nanas ini diolah menjadi produk siap dijual dan berorientasi ekspor," ungkap Mulyadi Musa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: