DKP OKU Uji Sampel Sayur dan Buah Pastikan Aman dari Pestisida

DKP OKU Uji Sampel Sayur dan Buah Pastikan Aman dari Pestisida

Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU, Supriyono, bicara terkait cadangan beras pangan di Kabupaten OKU mencapai 15 ton, Kamis 09 Februari 2023.-Palpos.id-

BATURAJA,PALPOS.ID - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengambil sampel sayur dan buah yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat guna memastikan aman dari zat berbahaya seperti pestisida.

 

"Sampel sayuran dan buah-buahan ini akan dicek keamanannya," kata Kepala DKP OKU, Supriyono, saat dibincangi Kamis (17/11).

 

Dia mengatakan, pengambilan sampel Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang diambil di agen sayur dan buah ini untuk memastikan aman dikonsumsi masyarakat.

 

Pengujian sampel tersebut akan dilakukan di laboratorium pusat promosi dan sertifikasi hasil pertanian di Cibubur, Jakarta. "Hasil laboratorium akan diketahui selama dua pekan kedepan," jelasnya.

 

Sampel yang diambil dari pedagang untuk diuji laboratorium tersebut sebanyak 20 jenis terdiri atas 13 sampel sayuran dan tujuh sampel buah segar.

 

13 sampel buah sayur yang diambil meliputi jagung muda, labu siam, daun bawang, pare, sawi, wortel, kacang panjang, kentang, seledri, buncis, jagung manis, dan kubis.

 

Sedangkan, tujuh sampel buah segar mulai dari apel merah, apel Fuji, pear, melon, jeruk sunkis, pepaya dan buah naga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: