Romli Rebut Kembali Lahan dari PTBA

Romli Rebut Kembali Lahan dari PTBA

Ertika Fitriani SH MM selaku kuasa Hukum A Romli konfrensi pers.Foto:Febi/Palpos.id--

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Perjuangan A Romili (66) warga Desa Penyandingan, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim ini, tidaklah sia-sia. Dengan serba keterbatasan, namun ia tidak gentar melawan perusahaan raksasa sekelas PT Bukit Asam (PTBA) dalam mempertahankan haknya sebagai pemilik lahan yang telah diambil alih PT Bukit Asam untuk dijadikan lahan tambang batubara.

 

Terbukti didalam persidangan di Pengadilan Negeri Muara Enim, Majelis Hakim telah memutuskan bahwa lahan tersebut adalah sah dan benar miliknya. "Saya merasa tidak memperjualbelikan tanah saya ke PTBA atau ke orang lain, ditawar saja saya langsung tolak. Anehnya, tahu-tahu tanah saya dikatakan oleh orang PTBA sudah dibeli," ujar A Romili (66) didampingi kuasa hukumnya Ertika Fitriani SH MM didampingi Kgs M Khaddafi, Rabu (30/11).

 

Menurut A Romli, bahwa luas tanah miliknya yang diambil alih oleh PTBA tersebut seluas 2.990,78 meter persegi yang berlokasi di ataran Tebing Ajan Desa Penyandingan, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, yang ditanami kebun karet. 

 

Lahan itu, kata orang PTBA masuk IUP PTBA, tetapi tanah tersebut adalah milik warga yang sebelumnya adalah program Perkebunan Inti Rakyat (PIR) kebun karet seluas 32 hektar milik warga pada tahun 1982. 

 

Diungkapkan Romili, bahwa sebelum terjadi lahannya dimiliki oleh PTBA, ada orang PTBA yang datang ke rumahnya bermaksud untuk membeli lahan miliknya di tahun 2019, namun keinginan tersebut langsung ia tolak sebab ia memang tidak berniat mau menjualnya. 

 

Kemudian pada tahun 2020, orang PTBA datang kembali bersama Kades Penyandingan ke rumahnya dengan tujuan yang sama ingin membeli tanahnya tetapi tetap ditolaknya.

 

Namun setelah itu, pihak PTBA datang kembali, mereka mengatakan walaupun tidak menjualnya ke PTBA tetapi orang PTBA tetap ingin mengukur lahan, alasannya ingin mengetahui batas lahan kiri dan kanan miliknya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: