Kurangi Pengangguran, Disnaker Muara Enim Berikan Pelatihan

Kurangi Pengangguran, Disnaker Muara Enim Berikan Pelatihan

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Muara Enim berikan pelatihan keterampilan menjahit, bengkel motor dan salon terhadap 48 Pemuda dan Pemudi tidak mampu di Kabupaten Muara Enim, Jumat 02 Desember 2022. -Palpos.id-Diskominfo Muara Enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kompetensi masyarakat, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Muara Enim berikan pelatihan keterampilan menjahit, bengkel motor dan salon terhadap 48 Pemuda dan Pemudi tidak mampu di Kabupaten Muara Enim.

“Mudah-mudahan setelah pelatihan akan langsung membuka lapangan pekerjaan yang akhirnya akan bisa  mengurangi angka pengangguran terbuka di Kabupaten Muara Enim,” kata Kadisnaker Muara Enim Hj Siti Herawati SH, Jumat 02 Desember 2022.

Kepala Disnaker Kabupaten Muara Enim Hj Siti Herawati mengatakan, bahwa pelatihan terhadap 48 Pemuda/pemudi Kabupaten Muara Enim ini dilaksanakan 30 hari, dimana seluruh peserta menginap diasrama Disnaker Muara Enim.

Dari 48 orang tersebut terdiri dari tiga jenis pelatihan yakni 16 orang Tata Kecantikan, 16 orang Desain Tekhnologi Otomtotif dan 16 orang Menjahit.

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Serahkan Top 10 Inovasi Perangkat Daerah

Setelah pelatihan, para peserta akan diberikan peralatan sesuai pilihan pada pelatihan misalnya Tata Kecantikan akan mendapatkan peralatan Salon, jurusan teknologi otomotif akan mendapatkan peralatan tampal ban dan kunci-kuncian, dan jurusan Menjahit akan mendapatkan Mesin jahit dan peralatannya.

“Jadi sepenuhnya kita biayai, mulai dari penginapan, akomodasi selama sebulan, pelatihan dan hingga pemberian peralatan.

Jadi usai pelatihan akan terus dimonitor dan didampingi apakah benar digunakan atau tidak,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Siti Herawati, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 sudah turun dari sebelumnya 5,03 persen sekarang menjadi 4,12 persen, ada penurunan yang cukup signifikan sebesar 0,91 Persen atau hampir 1 persen.

BACA JUGA:10 Sekolah Dasar di Muara Enim Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri, Ini Nama Sekolahnya...

Dan mudah-mudahan kedepan akan menurunkan tingkat kemiskinan dari 12,32 persen menjadi satu digit.

Kedepan, akan kita upayakan akan terus menurun dan salah satu upaya yang kita lakukan adalah melalui kegiatan pelatihan-pelatihan.

“Kita ingin kedepan akan tumbuh Wira usaha dari hasil pelatihan ini. Dan terimakasih kepada orangtua dan para peserta yang mendukung dan serius mengikuti pelatihan ini.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada para pencari kerja di Kabupaten Muara Enim,” katanya.

BACA JUGA:Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Disdag Muara Enim Latih 35 Pengrajin Anyaman

Sementara itu salah satu peserta disabilitas Yeyen Andrio (27) warga Desa Tanah Abang, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim, bahwa dirinya sangat senang dan beruntung sekali mengikuti pelatihan ini.

Sebab dari perwakilan desanya hanya dirinya yang terpilih untuk mengikuti pelatihan ini.

Untuk itu, setelah pelatihan ini, ia akan lebih giat dan bersemangat lagi menjalankan usaha bengkel motornya.

“Saya sudah 4 tahun buka bengkel motor dengan modal pas-pasan.

BACA JUGA:30 Nelayan Muara Enim Meriahkan Lomba ‘Njale Rambang’

Dengan adanya pelatihan dan bantuan peralatan bengkel ini tentu akan sangat membantunya,” ujarnya dengan menggunakan bahasa isyarat yang dibantu teman-temannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo muara enim