4 Jenis Bansos Ini Akan Disetop Tahun 2023, Benarkah?

4 Jenis Bansos Ini Akan Disetop Tahun 2023, Benarkah?

Bansos BPNT tahap 2 cair besok atau mulai 17 April 2023. KPM cek rekening atau datangi Kantor Pos terdekat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID- Pemerintah kembali menyiapkan bantuan sosial (Bansos) yang akan dikucurkan tahun 2023.

Hanya saja, dikabarkan ada 4 jenis bansos yang akan dihentikan oleh pemerintah. 

Bantuan sosial ini, sendiri diharapkan dapat membantu masyarakat. Selain itu juga, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang memang layak mendapatkannya.

BACA JUGA:5 Syarat Mutlak Penerima Bansos, Apa Saja...

Tahun depan bansos masih akan diberikan kepada masyarakat yang NIKnya sudah terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Lima jenis bantuan sosial atau bansos yang akan terus dilanjutkan adalah BPNT, PKH, PIP Kementrian Agama, PIP Kementerian Pendidikan, dan KIS PBI. Jenis program bansos tersebut diperuntukan untuk keluarga penerima manfaat atau KPM secara berkala dan berkelanjutan.

BACA JUGA:12 Jenis Bansos Cair Bulan Desember 2022, Ini Daftarnya...

Dilansir palpos.id dari kanal Youtube DIARY PKH, pada Kamis (8/12/2022), ternyata ada 4 jenis bantuan sosial atau bansos yang akan disetop oleh pemerintah di tahun 2023 nanti. Apa saja? Simak ulasannya.

1. BLT Dana Desa

Bantuan jenis ini diperuntukan untuk masyarakat desa. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa diberikan dengan alasan adanya pandemi Covid 19. Tapi saat ini  pandemi dinilai sudah tidak ada di tahun 2023, maka bantuan ini diputuskan untuk dihentikan.

BACA JUGA:Bansos PKH Tahap 4 Anda Belum Cair, Catat Ini 17 Penyebabnya

Hanya saja, pemerintah sepertinya sudah menyiapkan gantinya. Ini sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk menghapus kemiskinan ekstrim di tahun 2023-2024.

Jadi walaupun BLT Dana Desa sudah tidak ada tapi akan digantikan oleh BLT miskin ekstrim, salah satu kriterianya yakni warga yang memiliki pendapatan dibawah Rp20 ribu per hari.

BACA JUGA:5 Bantuan Sosial Yang Bakal Cair Tahun 2023, Ini Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kanal youtube diary pkh